adjar.id – Manajemen perkantoran adalah salah satu bidang dalam manajemen.
Manajemen perkantoran merupakan bidang manajemen yang fokusnya pada peningkatan kondisi, produktivitas, dan efisiensi kerja di kantor, Adjarian.
Bidang manajemen ini melibatkan berbagai tanggung jawab, di antarnya pengaturan anggaran, pembangunan lingkungan kerja, komunikasi internal kantor, dan lain sebagainya.
Nah, kali ini kita akan membahas mengenai fungsi dan jenis pekerjaan manajemen perkantoran yang menjadi materi ekonomi kelas 12 SMA.
Manajemen perkantoran menitikberatkan pada cara mengatur atau mengelola kantor agar tercipta kelancaran kegiatan administrasi.
Manajemen perkantoran adalah suatu upaya untuk mengarhkan kegiatan ketatausahaan dari kantor secara menyeluruh.
Tujuannya agar tercipta efisiensi kerja yang baik di dalam kantor.
Sementara tanggung jawab manajemen kantor sangat beragam, tergantung perusahaan, susunan departemen, dan ukuran perusahaan.
Ada berbagai bidang manajemen dalam suatu perkantoran, akan tetapi manajemen perkantoran ini terfokur pada administrasi perusahaan.
Yuk, kita cari tahu fungsi dan jenis pekerjaan dari manajemen kantor berikut ini, Adjarian!
“Secara sederhana, manajemen kantor bertugas untuk mengurus rincian dari kegiatan keseharan dan cara kerja di lingkungan kantor dengan menyeluruh.”
Baca Juga: Mengenal Fungsi Manajemen Pemasaran
Fungsi Manajemen Perkantoran
Berikut beberapa fungsi dari manajemen perkantoran, di antaranya:
1. Pengorganisasian
Fungsi pengorganisasian atau organizing dalam sebuah manajemen perkantoran bisa membantu manajer dalam melaksanakan fungsi pengawasan dan pendelegasian.
Fungsi pengorganisasian dalam suatu manajemen bisa memudahkan dalam menjalankan struktur organisasi dengan jelas.
Sehingga, seluruh tugas pada setiap bidang atau bagian bisa terdeskripsikan dengan baik dan jelas.
2. Perencanaan
Fungsi perencanaan atau planning dalam manajemen perkantoran adalah fungsi yang digunakan untuk menentukan bentuk tindakan untuk mencapai target yang diinginkan.
Seorang manajer pada fungsi perencanaan ini harus bisa memikirkan pekerjaan yang akan dikerjaan dari berbagai bidang yang ada.
“Adanya fungsi pengorganisasian bisa memudahkan setiap bidang dan sumber daya manusia untuk mengetahui tanggung jawab dan wewenang masing-masing.”
3. Pengarahan
Baca Juga: Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli
Fungsi pengarahan atau commading adalah fungsi manajemen yang berkaitan dengan usaha memberikan saran, bimbingan, instrukti, atau perintah untuk menjalankan tugas.
Tujuannya agar tugas tersebut dapat dilakukan dengan baik sesuai dengan tujuan yang sudah ditetapkan.
4. Pengawasan
Fungsi pengawasan atau controlling sangat dibutuhkan dalam manajemen perkantoran untuk menjaga bentuk kegiatan dan efektivitas pekerjaan.
Sehingga, tidak ada penyimpangan dalam pekerjaan yang bisa menganggu tujuan utama yang sudah ditetapkan.
“Adanya fungsi pengawasan membuat pekerjaan dikantor lebih mudah untuk dikontrol agar tidak terjadi penyimpangan pekerjaan.”
Jenis Pekerjaan Manajemen Perkantoran
Meski memiliki pekerjaan yang bervariasi dalam setiap perusahaan, tugas dasar bagi manajemen perkantoran sama, lo.
Tugas dasarnya di antaranya mengawasi administrasi perusahaan, memastikan sumber daya, melatih, mempekerjakan, dan lain sebagainya.
Berikut beberapa jenis pekerjaan dalam manajemen perkantoran, di antaranya:
1. Manajemen perkantoran medis.
2. Manajemen perkantoran perusahaan.
3. Manajemen perkantoran hukum.
4. Manajemen perkantoran virtual.
Nah, itu tadi Adjarian, pengenalan kita dengan manajemen perkantoran, baik dari fungsi dan juga jenis pekerjaannya.
Coba Jawab! |
Apa saja fungsi manajemen perkantoran? |
Petunjuk: Cek halaman 2 dan 3. |
Penulis | : | Nabil Adlani |
Editor | : | Nabil Adlani |
KOMENTAR