adjar.id - Dalam tes SKD CPNS khusunya bagian Tes Karakteristik Pribadi, terdapat materi tentang pelayanan publik.
Seperti yang kita tahu, seorang ASN atau Aparatur Sipil Negara adalah pelayan masyarakat, Adjarian.
Kita juga bisa menyebutnya juga sebagai pekerjaan yang mengabdi pada negara.
Dalam bekerja, seorang ASN diharapkan dapat memberikan kepuasan pada masyarakat.
Kepuasan tersebut bisa dalam bentuk fisik atau infrastruktur maupun dalam bentuk jasa atau pelayanan.
Nah, pada tes TKP SKD CPNS terdapat soal tentang materi ini.
Biasanya, soal berbentuk cerita tentang masyarakat atau pelanggan yang protes, tidak mematuhi tata tertib, dan pelayanan publik lainnya.
Dalam menjawab soal tersebut kita harus memilih jawaban yang mencerminkan sifat profesional, responsif, tepat sasaran, terbuka, tepat waktu, taat aturan, dan adil serta tidak diskriminatif sesuai dengan tugas dan wewenang yang dimiliki.
Supaya lebih jelas, yuk, kita simak penjelasan serta contoh soal dan pemabahasannya di bawah ini!
Baca Juga: Materi Sosial Budaya beserta Contoh Soal dan Pembahasan, TKP SKD CPNS
Sikap yang Harus Dilakukan oleh Calon Pegawai Negeri Sipil
1. ASN harus memiliki sikap yang mengedapankan nilai-nilai pelayanan publik secara jujur, tanggap, cepat, tepat, akurat, berdaya guna, berhasil guna, dan santun.
2. ASN harus memiliki kemampuan berintraksi dan komunikasi dengan yang dilayani atau masyarakat dan juga mampu menunjukan sikap ramah dan menyelesaikan kebutuhan pelanggan sesuai kapasitas atau kewenangan.
3. Calon ASN juga harus tanggap terhadap apa yang dibutuhkan pelanggan atau merespon pelanggan dengan cepat dan efektif sesuai kewenangan atau tugas kita.
Juga dapat memelihara komunikasi dengan baik, menanggapi kebutuhan mendasar pelanggan (memberikan pelayanan secara cepat, tepat, terbuka, dan adil serta tidak diskriminatif).
4. Berpikir dan bertindak menguntungkan masyarakat.
5. Pilih jawaban yang mengarah untuk kepentingan orang lain diluar kepentingan tim/kelompok.
6. Calon ASN juga harus menolak segala imbalan atau janji dalam bentuk apapun yang dapat mempengaruhi pelaksanaan tugas.
Jika terjadi bentrok, pertentangan, kegagalan, perdebatan:
Baca Juga: Materi Aspek Kejujuran serta Contoh Soal Pembahasan, TKP SKD CPNS
1. Mampu mengendalikan diri dalam situasi tidak terduga atau tekanan, sabar.
2. Menyampaikan atau mencari tahu dengan baik dan sopan jika ada teman yang melakukan kesalahan.
3. Menunjukkan toleransi, menghargai orang lain, tidak egois. Jauhi pilihan yang menghukumi orang lain.
4. Setiap orang punya kelebihan dan kekurangan, maka calon ASN harus saling menerima kekurangan dan kelebihan orang lain.
Contoh Soal Materi Pelayanan Publik
1. Disaat Anda sedang mengerjakan pekerjaan penting dan ditunggu oleh atasan datanglah seseorang yang terlihat bingung dan tampaknya ingin menanyakan sesuatu tentang prosedur pengajuan izin. Maka sikap Anda?
A. Memintanya untuk bertanya kepada security
B. Mengarahkan seseorang tersebut ke bagian Pelayanan Izin
C. Meminta bantuan rekan kerja lain untuk membantunya dalam pengajuan izin
Baca Juga: Kisi-Kisi Soal TKP SKD CPNS beserta Trik Menjawab Soal
D. Segera melayani tamu tersebut dengan baik
E. Memintanya untuk menunggu sembari Anda menyelesaikan pekerjaan tersebut
Jawaban: B. Mengarahkan seseorang tersebut ke bagian Pelayanan Izin
Pembahasan:
Pada soal, Anda dihadapkan pada dilema yaitu melaksanakan tugas penting atau pelayanan publik yang kedua-duanya merupakan fungsi Anda sebagai ASN.
Oleh karenanya pilihlah jawaban yang dapat mengakomodir keduanya tanpa menimbulkan masalah baru.
A. Memintanya untuk bertanya kepada security
Tindakan yang cukup tepat, karena security dapat mengarahkan kepada bagian perizinan (poin 4)
B. Mengarahkan seseorang tersebut ke bagian Pelayanan Izin
Baca Juga: Kumpulan Soal Verbal Materi Penalaran Logis dan Analitis, TIU SKD CPNS
Tindakan yang tepat dan solusional, karena tidak butuh waktu lama untuk menyampaikannya sehingga dapat mengakomodir keduanya. (poin 5)
C. Meminta bantuan rekan kerja lain untuk membantunya dalam pengajuan izin
Tindakan yang cukup tepat, tetapi belum tentu rekan kerja lain tersebut juga dalam kondisi tidak sibuk. (poin 3)
D. Segera melayani tamu tersebut dengan baik
Menyelesaikan satu masalah dengan menimbulkan masalah lain. (poin 2)
E. Memintanya untuk menunggu sembari Anda menyelesaikan pekerjaan tersebut
Menyelesaikan satu masalah dengan menimbulkan masalah lain (tidak tanggap, cepat, tepat, dan akurat terhadap pelayanan publik). (poin 1)
Nah Adjarian, itulah dia materi tentang pelayanan publik pada TKP SKD CPNS beserta contoh soal dan pembahasannya, ya!
Penulis | : | Aldita Prafitasari |
Editor | : | Aisha Amira |
KOMENTAR