adjar.id – Adjarian sudah pernah mendengar profesi copywriter?
Copywriter merupakan profesi yang bekerja sebagai perangkai kata dan konten kreatif untuk mempromosikan suatu produk atau jasa.
Pada era digital seperti saat ini bekerja di bidang kreatif seperti copywriter menjadi salah satu yang diminati banyak orang.
Umumnya, seorang copywriter memiliki tugas untuk menulis atau membuat sebuah konten untuk digital marketing.
Tujuannya ialah untuk mempromosikan, menginfokan, atau memperkenalkan suatu produk kepada orang lain.
Nah, bekerja sebagai copywriter berbeda dengan menulis konten biasa. Seorang copywriter memerlukan keterampilan digital, skill menulis, dan kreativitas yang baik.
Hal ini karena seorang copywriter bertugas untuk mempromosikan suatu produk dan menarik minat konsumen terhadap produk yang dibuat.
Pekerjaaan copywriter banyak dibutuhkan di berbagai perusahaan seperti televisi, surat kabar, dan media online.
Nah, yuk, kita cari tahu lebih banyak tentang profesi copywriter!
Baca Juga: Profesi Sosial Media Specialist: Tugas, Tanggung Jawab, dan Jenjang Karier
Tugas Profesi Copywriter
Beberapa tugas dan tanggung jawab seorang copywriter, di antaranya:
1. Copywriter bertugas untuk merangkai kata secara persuasif agar bisa memengaruhi minat beli konsumen.
Selain itu, copywriter juga membuat berbagai konten yang kreatif dan menarik bagi para konsumen.
2. Seorang copywriter harus bisa membuat berbagai tagline yang efektif dan menarik, baik dalam bentuk tulisan maupun lisan sesuai kebutuhan audiens.
3. Copywriter bersama dengan account executive mendiskusikan target dan pesan inti yang ingin disampaikan kepada para kliennya.
4. Seorang copywriter harus bisa menggali konsep dan ide untuk teks dan visual bersama tim kreatif.
Selain itu, copywriter juga bertugas untuk menyiapkan ide awal agar bisa disampaikan ke direktur kreatif.
5. Copywriter juga mengawasi tahap produksi konten sambil melakukan kerjasama dengan ilustrator, desainer, fotografer, dan perusahaan.
Baca Juga: Profesi Sutradara: Peran, Tanggung Jawab, dan Jenjang Karier
Keahlian Copywriter
Keahlian dan pengetahuan yang harus dimiliki oleh seorang copywriter di antaranya:
1. Seorang copywriter harus memiliki kemampuan tata bahasa, ejaan, kosakata, dan tanda baca yang baik dalam menulis.
2. Seorang copywriter harus memiliki kemampuan membuat headline yang menarik sehingga dengan membaca judul konten, konsumen bisa tertarik.
3. Seorang copywriter harus memahami keinginan pembaca dengan membuat susunan kalimat yang mudah dipahami.
4. Seorang copywriter harus memiliki kemampuan bahasa Inggris, karena tidak semua kosakata yang dibuat menggunakan bahasa Indonesia, tetapi juga bahasa Inggris.
5. Seorang copywriter harus mengetahui target audiensnya, sehingga bentuk tulisannya bisa sesuai dengan tipe target produk tersebut.
6. Seorang copywriter harus bisa membuat konten yang bisa mendapat respons dari pasar sehingga konten yang dibuat memiliki nilai manfaat kepada audiens.
Jenjang Pendidikan Copywriter
Baca Juga: Profesi Kurator: Peran, Tanggung Jawab, dan Jenjang Kariernya
Biasanya seorang copywriter berasal dari jurusan ilmu komunikasi, sastra Indonesia, atau marketing, Adjarian.
Namun, sebenarnya untuk menjadi seorang copywriter tidak membutuhkan pendidikan formal yang khusus.
Hanya saja, ketika berkuliah di jurusan ilmu komunikasi misalnya, kita bisa mendapatkan nilai lebih karena di sana akan mempelajar berbagai bentuk komunikasi.
Selain itu, kita juga akan mempelajari tentang strategi komunikasi yang di mana hal itu sangat penting dalam copywriter.
Nah, itulah gambaran tentang profesi copywriter, Adjarian.
Penulis | : | Nabil Adlani |
Editor | : | Rahwiku Mahanani |
KOMENTAR