adjar.id – Adjarian, dalam ekonomi terdapat beberapa faktor yang menghambat permintaan.
Permintaan erat kaitannya dengan hubungan antara jumlah dan harga barang yang ada di masyarakat.
Dalam buku Ekonomi kelas 10 SMA yang ditulis Sukardi, terdapat satu soal pada Tes Formatif di halaman 54.
Pada soal Tes Formatif tersebut kita diminta untuk menjelaskan faktor-faktor yang menghambat permintaan yang juga menjadi materi ekonomi kelas 10 SMA.
Baca Juga: Mengetahui Permintaan Barang atau Jasa Dalam Suatu Sistem Perekonomian
Nah, agar bisa menjadi sumber referensi Adjarian, kali ini kita akan membahas mengenai jawaban soal Tes Formatif tersebut.
Permintaan merupakan jumlah suatu barang dan jasa yang dibeli oleh konsumen pada berbagai kemungkinan tingkat harga yang berlaku pada waktu dan tempat tertentu.
Permintaa terhadap barang dan jasa dapat terwujud jika didukung dengan daya beli konsumen yang tinggi.
Yuk, sekarang simak penjelasan mengenai faktor yang menghambat permintaan dalam ekonomi berikut ini!
Faktor yang Menghambat Permintaan
Permintaan menitikberatkan pada pengaruh harga barang dan jumlah barang yang diminta oleh konsumen.
Akan tetapi, terdapat beberapa faktor yang bisa menghambat permintaan yang datang dari konsumen.
Hal ini bisa berdampak kepada produksi barang dan jasa yang dilakukan oleh produsen.
Nah, berikut ini beberapa faktor penghambat permintaan terhadap barang dan jasa, di antaranya:
Baca Juga: Pengertian, Jenis, dan Faktor yang Memengaruhi Permintaan
1. Harga Barang dan Jasa
Harga barang dan jasa yang beredar di pasar bisa menjadi faktor penghambat permintaan jika harganya terlalu tinggi bagi konsumen.
Hal ini akan semakin berdampak besar jika penghasilan konsumen jauh dibawah harag barang dan jasa.
Sehingga permintaan terhadap barang dan jasa yang diproduksi akan menurun yang dampaknya kepada produksi barang dan jasa tersebut.
2. Penghasilan Masyarakat
Faktor yang menghambat permintaan lainnya, yaitu dari penghasilan masyarakat sebagai konsumen.
Masyarakat sangat berperan dalam meningkatkan permintaan terhadap barang dan jasa.
Akan tetapi, jika pendapat masyarakat menurun maka permintaan terhadap barang dan jasa juga akan menurun.
Hal ini karena daya beli masyarakat berkurang dikarenakan pendapatan yang terlalu rendah bagi masyarakat.
Baca Juga: Mengenal Jenis-Jenis, Fungsi dan Faktor yang Memengaruhi Penawaran
3. Adanya Barang Subtitusi
Adjarian, jumlah barang yang diminta bisa berkurang jika terdapat barang subtitusi atau pengganti.
Barang pengganti bisa muncul apabila harga barang utama mengalami kenaikan sehingga barang subtitusi hadir sebagai solusi.
Umumnya, harga dari barang subtitusi lebih murah daripada harga barang utama, sehingga permintaan terhadap barang utama akan menurun.
4. Selera dari Konsumen
Permintaan terhadap barang dan jasa bisa terhambat jika selera konsumen tidak sebanding dengan barang dan jasa yang diproduksi.
Jika selera konsumen terhadap barang dan jasa yang ada dipasar menurun, maka permintaan terhadap barang dan jasa tersebut juga bisa ikut menurun.
Hal ini umumnya disebabkan oleh tingkat kesenangan atau kegemaran masyarakat terhadap barang dan jasa tersebut.
Baca Juga: Cara-Cara yang Dilakukan untuk Perluasan Produksi dalam Ekonomi
5. Kualitas dari Barang yang Diproduksi
Kualitas barang yang diproduksi juga bisa menjadi faktor yang menghambat permintaan dari konsumen, Adjarian.
Apabila kualitas barang yang diproduksi kurang baik, maka masyarakat akan menurunkan permintaan terhadap barang tersebut.
Dampaknya produsen barang akan mengalami penurunan permintaan dari konsumen terhadap barang tersebut.
Nah, itulah tadi faktor yang menghambat permintaan terhadap barang dan jasa yang dapat menjadi referensi bagi Adjarian, dalam menjawab soal Tes Formatif di halaman 54.
Tonton juga video berikut ini, yuk!
Penulis | : | Nabil Adlani |
Editor | : | Aisha Amira |
KOMENTAR