adjar.id - Adjarian, pada buku tematik kelas 6 tema 2 subtema 1, kita akan menulis mengenai pengalaman hidup di lingkungan rumah.
Nah, kali ini kita akan membaca contoh tulisan mengenai pengalaman hidup rukun di lingkungan rumah, ya.
Kita juga dapat menulis pengalaman dari peristiwa yang sudah terjadi di masa lalu, misalnya pengalaman merayakan hari kemerdekaan atau hari besar keagamaan sebelum masa pandemi.
Baca Juga: Jawab Soal 'Gerak Lokomotor dan Non Lokomotor pada Hewan', Kelas 6 Tema 1
Selain itu, kita juga dapat menuliskan pengalaman hidup rukun di lingkungan rumah yang terjadi selama pandemi, ya.
Nah, yuk, kita simak sama-sama!
Cara Menulis Pengalaman Hidup Rukun di Lingkungan Rumah
O iya, Adjarian, dalam menulis pengalaman hidup rukun di lingkungan rumah, ada hal-hal yang perlu kita perhatikan, yaitu:
1. Perbedaan yang ada
2. Kegiatan yang dilakukan teman atau warga bersama-sama secara rukun
3. Sikapmu atau sikap keluargamu terhadap perbedaan yang ada
4. Manfaat yang kamu rasakan dari persatuan dalam perbedaa
Perbedaan di lingkungan rumah ada berbagai macam, ya.
Misalnya, perbedaan agama atau kepercayaan, suku, dan hingga kemampuan ekonomi.
Baca Juga: Jawab Soal Mengisi Peta Pikiran Teks 'Proklamasi Kemerdekaan Indonesia', Kelas 6 Tema 2
Di bawah ini, kita akan membaca contoh menulis pengalaman hidup rukun di lingkungan rumah yang ditulis oleh Buni.
Selama membaca teks bacaan, kita juga dapat mengamati empat hal penting di atas dalam teks Buni, ya, Adjarian.
Manfaat dari Hidup Rukun di Lingkungan Rumah
Ibu dan bapakku memiliki warung makanan di sekitar kampus. Sebelum pandemi COVID-19 makanan dagangan ibu dan bapakku selalu laku. Menurutku ini karena masakan ibu dan bapak sangat enak. Kata kakak-kakak mahasiswa, masakan ibu dan bapak memang lezat.
Sepulang sekolah, aku kadang ke warung. Di sana aku belajar bersama kakak-kakak mahasiswa yang sedang bersantai dan sudah akrab denganku. Kadang aku juga membantu orang tua seperti mengantar makanan atau minuman ke pembeli.
Selain enak, orang tuaku juga mengizinkan mahasiswa tidak membayar kalau sedang tidak punya uang. Kakak mahasiswa akan membayar kalau sudah memiliki uang. Oiya, kalau ada masakan yang sisa dan masih enak dimakan, ibu dan bapak akan membagi-bagikan ke tetangga sekitar rumah.
Baca Juga: Menulis Informasi dari Teks 'Bunga Teratai', Kelas 6 Tema 2 Subtema 1
Namun, setelah pandemi, warung makan orang tuaku jadi sepi. Kata bapak, ini karena mahasiswa sudah kembali ke kampung halamannya masing-masing. Karena itu, pemasukan orang tuaku jadi sedikit.
Kami harus berhemat untuk membeli sesuatu. Menu makanku seringnya tempe atau tahu saja. Tapi aku senang, beberapa tetanggaku sering memberi kami buah-buahan. Tapi pada bulan lalu bapak mengabari kalau para mahasiswa yang jadi pelanggan warung orang tuaku memberi bantuan berupa uang dan masker.
Ini membuat kami bisa makan makanan bergizi. Karena uang bantuan cukup banyak, sebagian bapak dan ibu sisihkan untuk tetangga lain yang juga membutuhkan.
Nah Adjarian, itulah cara menulis pengalaman hidup rukun di lingkungan rumah yang terdapat di dalam buku tematik kelas 6 tema 2 subtema 1, ya.
Penulis | : | Irfan Sholeh |
Editor | : | Aisha Amira |
KOMENTAR