adjar.id – Dalam sebuah bisnis pada sistem ekonomi pasar biasanya tercipta sebuah persaingan antara satu perusahaan dengan perusahaan lainnya.
Persaingan ini membentuk beberapa kategori yang di antaranya berupa pasar persaingan sempurna.
Pengertian pasar persaingan sempurna adalah suatu pasar dengan penjual dan pembeli yang banyak dan menawarkan produk yang sama.
Sehingga masing-masing tidak dapat menentukan harga pasar.
Di pasar ini, penentuan harga berdasarkan keinginan penjual dan pembeli.
Permintaan barang dari pembeli dan penawaran dari sisi penjual menjadi faktor pembentuk harga.
Contoh dari pasar persaingan sempurna, yaitu berupa hasil pertanian (beras, kentang, gandum) dan juga perikanan.
Yuk, Adjarian sekarang simak apa saja ciri-ciri pasar persaingan sempurna!
“Pasar persaingan sempurna terjadi karena jumlah pembeli dan penjual sangat banyak dan menjual produk yang sama.”
Ciri-Ciri Pasar Persaingan Sempurna
Ada beberapa ciri-ciri yang menjadi pembeda antara pasar persaingan sempurna dan pasar tidak sempurna.
1. Pembeli dan penjual bebas keluar masuk pasar
Di dalam pasar persaingan sempurna tidak ada larangan bagi penjual dan pembeli untuk keluar dari pasar.
Jika suatu pembeli merasa tidak ingin membeli maka pembeli tersebut boleh keluar dari pasar.
Sedang jika penjual merasa barang yang dijual mengalami kerugian, maka penjual boleh menghentikan usahanya.
2. Terdapat banyak penjual dan pembeli
Dalam pasar persaingan sempurna tidak ada aturan atau batasan mengenai jumlah penjual dan pembelinya.
“Di dalam pasar persaingan sempurna penjual dan pembeli bebas keluar masuk pasar dan jumlahnya tidak terbatas.”
3. Barang yang diperjualbelikan bersifat homogen
Sifat homegen membuat barang-barang yang dijual memiliki sifat saling menggantikan satu sama lainnya.
Pembeli pun menganggap barang yang dijual memiliki kualitas yang sama, sehingga penjual tidak dapat menentukan harga yang berbeda dengan penjual lainnya.
Hal ini terjadi karena setiao penjual menjual barang yang sama.
4. Faktor produksi bergerak secara bebas
Tidak ada hambatan untuk masuk ke pasar ini. Maka penjual juga bebas untuk memindahkan produksinya ke mana saja yang lebih menguntungkan.
5. Penjual dan pembeli mengetahui informasi pasar
Mengetahui informasi tentang pasar sangat penting bagi penjual ataupun pembeli.
Bagi pembeli dengan mengetahui informasi pasar, mereka akan tahu berapa harga yang sedang berlaku.
Sedangkan bagi penjual, mereka tidak akan menetapkan harga yang lebih tinggi dari penjual yang lain karena barang yang mereka jual sama.
Selain itu, penjual juga bisa tahu dimana sumber bahan mentah, harga upah, dan lain-lainnya.
“Mengetahui informasi mengenai pasar adalah salah satu keuntungan dari adanya pasar persaingan sempurna.”
6. Penjual dan pembeli bebas untuk mengambil keputusan
Harga barang terjadi dan disepakati karena adanya interaksi antara penjual dan pembeli.
Oleh karena banyaknya jumlah penjual dan pembeli menyebabkan penjual dan pembeli bersifat penerima harga.
Nah, sekarang coba jawab pertanyaan berikut, yuk!
Pertanyaan: |
Mengapa barang yang diperjual belikan di pasar persaingan bebas bersifat homogen? |
Petunjuk: cek halaman 3 |
Penulis | : | Nabil Adlani |
Editor | : | Rahwiku Mahanani |
KOMENTAR