adjar.id - Kali ini kita akan membahas soal dari buku Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia kelas XI Kurikulum Merdeka.
Terdapat soal Kegiatan 2 Menganalisis Vlog untuk Vlog 2 pada Bab 2 di halaman 46.
Nah, soal Kegiatan 2 Menganalisis Vlog untuk Vlog 2 pada Bab 2 terdiri dari lima pertanyaan.
Kita akan menjawab pertanyaan yang tersedia setelah mengamati tayangan video pada barcode yang dalam buku Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia kelas XI Kurikulum Merdeka, ya.
Vlog adalah catatan harian/jurnal pribadi yang diunggah di internet yang bertujuan untuk menghibur, memberi informasi, dan media berinteraksi sosial untuk membahas suatu topik.
Vlog yang harus diperhatikan berjudul "Untuk Bertahan di Tengah Pandemi, Perajin Mebel Ubah Haluan Jadi Produksi Mainan Edukasi".
Vlog ini harus dibahas secara berkelompok oleh siswa.
Yuk, simak pembahasan soal Kegiatan 2 Menganalisis Vlog untuk Vlog 2 pada Bab 2, bahasa Indonesia kelas XI Kurikulum Merdeka!
Pembahasan Soal Kegiatan 2 Menganalisis Vlog untuk Vlog 2 pada Bab 2
VLOG 2
Untuk Bertahan di Tengah Pandemi, Perajin Mebel Ubah Haluan Jadi Produksi Mainan Edukasi
Berdasarkan tayangan video "Untuk Bertahan di Tengah Pandemi, Perajin Mebel Ubah Haluan Jadi Produksi Mainan Edukasi", jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.
1. Apakah produk yang kini digeluti perajin pada vlog di atas?
Jawaban: Produk yang digeluti perajin pada vlog tersebut adalah mainan edukasi anak dari kayu yang dibuat secara khusus untuk sekolah Montessori.
2. Mengapa produk baru ini dipilih oleh perajin? Jelaskan keterkaitannya dengan ciri teks berita kepentingan masyarakat.
Jawaban: Pesanan mebel menurun karena terdampak pandemi sehingga penghasilan perajin mebel juga menurun.
Dengan beralih memproduksi mainan anak dari kayu, pesanan dari sekolah-sekolah Montessori meningkat, baik dari sekolah di dalam negeri maupun dari luar negeri seperti Singapura.
Hal itu berdampak positif terhadap kepentingan masyarakat karena roda ekonomi mulai berputar sehingga penghasilan perajin dan penyedia bahan baku kayu meningkat.
3. Di manakah tempat kerajinan ini diproduksi? Sebutkan salah satu tujuan pengiriman produk tersebut. Jelaskan keterkaitannya dengan ciri teks berita kedekatan lokasi.
Jawaban: Kerajinan mainan anak ini diproduksi di Malang.
Salah satu tujuan pengiriman ekspor adalah ke negara Singapura.
Poin menarik dari teks berita yang ada pada vlog tersebut adalah karena perajin berasal dari Malang, Indonesia.
Kedekatan lokasi yang terletak di satu negara yang sama dengan penonton, yaitu Indonesia, menyebabkan teks berita ini menarik bagi penduduk Indonesia.
4. Mengapa produk baru ini lebih menarik? Jelaskan keterkaitannya dengan ekspresi emosional (human interest).
Jawaban: Produk baru ini lebih menarik karena merupakan sebuah inovasi paling baru yang digunakan di negara-negara yang jauh lebih berkembang.
Harapannya, mainan yang dipergunakan untuk edukasi ini juga bisa memberi dampak baik bagi murid di Indonesia.
Pada vlog, terdapat gambar dan informasi yang menunjukkan berbagai macam jenis permainan dari kayu yang dibuat oleh Yusuf Affandi.
Yusuf Affandi sebagai perajin, membuat permainan dari bahan kayu dengah gigih dan tidak berputus asa.
Hal tersebut merupakan salah satu ekspresi emosional yang dapat menarik simpati pembaca.
Penonton yang berasal dari kalangan pendidikan atau orang tua memiliki ketertarikan kepada content vlog sebagai salah satu ekspresi emosional dari minat mereka terhadap bidang pendidikan atau edukasi anak.
5. Apakah yang diharapkan oleh pembuat vlog kepada kita saat memirsa dan menyimak vlog tersebut?
Jawaban: Ketika menyimak vlog, penonton dapat merasakan harapan dari content creator atau pembuat vlog agar kegigihan, sikap tidak patah semangat, dan selalu berinovasi yang ia lakukan dapat menginspirasi orang banyak.
Pembuat vlog merasa bahwa keterbatasan bukan sebuah halangan untuk terus bertumbuh.
Nah, demikian pembahasan soal Kegiatan 2 Menganalisis Vlog untuk Vlog 2 pada Bab 2, bahasa Indonesia Kelas XI Kurikulum Merdeka.
Tonton video ini, yuk!