adjar.id - Pada artikel ini kita akan membahas soal yang terdapat pada buku Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) kelas X Kurikulum Merdeka.
Terdapat soal B Latihan Soal Terpadu pada Soal 2 di halaman 208-211.
Nah, sebelum mengerjakan soal B Latihan Soal Terpadu pada Soal 2, Adjarian dapat membaca materi yang telah dipelajari sebelumnya, ya.
O iya, informasi berikut ini juga dapat dijadikan sebagai referensi jawaban.
Simak pembahasan di bawah ini untuk mengetahui pembahasan soal B Latihan Soal Terpadu pada Soal 2, IPA kelas X Kurikulum Merdeka.
Pembahasan Soal B Latihan Soal Terpadu pada Soal 2
Soal 2
Dua ratus orang siswa mengikuti kompetisi sains di Universitas A. Pada kompetisi tersebut, 200 siswa tersebut harus mengikuti program karantina di asrama yang disediakan oleh kampus tersebut selama 6 hari sebelum kompetisi tersebut berlangsung.
Selama enam hari karantina, petugas catering asrama kampus mendapati siswa-siswa tersebut tidak menghabiskan makanannya, sehingga terdapat sampah sisa makanan.
Berikut ini merupakan tabel jumlah makanan sisa yang dihasilkan per hari selama periode enam hari.
A. Berdasarkan artikel tersebut tentukan pernyataan berikut benar atau salah?
Baca Juga: Jawab Soal B Latihan Soal Terpadu pada Soal 1, IPA Kelas X Kurikulum Merdeka
Dua ratus orang siswa mengikuti kompetisi sains di Universitas A. Pada kompetisi tersebut, 200 siswa tersebut harus mengikuti program karantina di asrama yang disediakan oleh kampus tersebut selama 6 hari sebelum kompetisi tersebut berlangsung.
Selama enam hari karantina, petugas catering asrama kampus mendapati siswa-siswa tersebut tidak menghabiskan makanannya, sehingga terdapat sampah sisa makanan.
Berikut ini merupakan tabel jumlah makanan sisa yang dihasilkan per hari selama periode enam hari.
A. Berdasarkan artikel tersebut tentukan pernyataan berikut benar atau salah?
B. Prediksilah persamaan reaksi kimia yang terjadi pada sampah sisa makanan (organik) yang dibiarkan tanpa diolah. Bagaimana hasil dari reaksi kimia yang terjadi terkait 12 prinsip kimia hijau?
C. Kemukakan ide Kalian terhadap pemanfaatan sampah sisa makanan (organik) tersebut sehingga kelestarian lingkungan tetap terjaga.
D.Jika keseluruhan mahasiswa tersebut adalah vegetarian dan diketahui makanan tersebut dipanen dari sebidang tanah dengan memperoleh energi yang sinar matahari sebesar 1000 joule, maka berapakah energi yang diterima oleh mahasiswa dari makanannya tersebut?
a. 1000 joule
b. 100 joule
c. 10 joule
Baca Juga: Jawab Soal Latihan Soal Terpadu, IPA Kelas X Kurikulum Merdeka
d. 1 joule
f. Jodohkanlah nama dan kingdom yang sesuai dengan menarik garis.
Jawaban:
A. Pertanyaan
1. Sampah sisa makanan (organik) akan mengalami fermentasi aerob sehingga dihasilkan gas metana (CH4) yang merupakan polutan penyebab pemanasan global.
Jawaban: Benar
2. Makan dengan meninggalkan sampah sisa makanan (organik) merupakan penerapan prinsip kimia hijau.
Jawaban: Salah
3. Sampah sisa makanan (organik) dapat dimanfaatkan sebagai pupuk organik melalui reaksi kimia fermentasi anaerob, yaitu: 1 C6H12O6 (s) = 2 C2H5OH (l) + 2 CO2 (g)
Jawaban: Benar
4. Sampah sisa makanan berupa plastik akan mencemari lingkungan jika dibakar sehingga sebaiknya didaur ulang misalnya dipakai sebagai pot tanaman atau hiasan.
Jawaban: Benar
5. Sampah sisa makanan (organik) jika dibakar di udara terbuka akan mengalami reaksi kimia menghasilkan gas CO dan CO2 yang tidak berbahaya bagi kesehatan.
Jawaban: Salah
B. Sampah yang membusuk di udara terbuka akan menimbulkan pencemaran udara, pencemaran air, dan pencemaran tanah.
Pencemaran udara diakibatkan oleh bau terutama gas NH3, H2S, asam-asam alifatik, dan gas karbon monoksida (CO).
Pencemaran air dan pencemaran tanah diakibatkan oleh cairan lindi yang sebagian besar mengandung amonia (NH3) dan ion nitrat NO3–.
Persamaan reaksi kimia yang terjadi pada sampah sisa makanan (organik) yang mengalami pembusukan di udara terbuka: Sampah/limbah organik à CH4 (g) + NH3 (g) + HNO3 (l) + H2S (g)
Berdasarkan persamaan reaksi kimia tersebut, dihasilkan gas metana (CH4), gas ammonia (NH3), dan gas hidrogen sulfida (H2S).
Selain berbau tak sedap karena mencemari udara, adanya asam nitrat (HNO3) juga mencemari tanah dan air sehingga tanah menjadi asam.
C. Ide 1:
Pemanfaatan sampah sisa makanan (organik) antara lain dapat dijadikan eco enzyme.
Membuat eco enzyme dapat dilakukan di rumah dengan bahan sampah organik sebanyak 3 bagian lalu ditambahkan air 10 bagian dan gula merah sebanyak 1 bagian.
Campuran disimpan dalam wadah tertutup rapat selama 3 bulan pada suhu ruang dan hindarkan dari sinar matahari langsung. Eco enzyme memiliki banyak manfaat.
Dalam bidang pertanian, eco enzyme dapat dijadikan zat percepat tumbuh, pupuk organik, sekaligus pestisida alami yang tidak merusak lingkungan.
Selain itu eco enzyme juga dapat berfungsi sebagai pembunuh kuman pada genangan air, menghilangkan bau tak sedap pada saluran air atau selokan yang mampet.
D. 10 Joule.
Perhitungan: Aliran energi yang terjadi adalah sebagai berikut energi matahari à tumbuhan pada menu à mahasiswa energi yang diterima tumbuhan:
10 persen × 1000 Joule = 100 Joule
energi yang diterima mahasiswa:
10 persen × 100 Joule = 10 Joule
e. Contoh keanekaragaman hayati.
Tingkatan Keanekaragaman Hayati Contoh Pada Menu Jenis Nasi merah dan nasi putih
Spesies sawi, jamur kuping, wortel, tempe, dan kacang panjang, ekosistem tidak ada
E. Nama dan kingdom yang sesuai.
Tempe = kingdom fungiBuah pepaya = kingdom plantaeSawi = kingdom plantaeNasi = kingdom plantaeJamur kuping = kingdom fungi
Nah, itulah pembahasan soal B Latihan Soal Terpadu pada Soal 2, IPA kelas X Kurikulum Merdeka.
Tonton video ini, yuk!