Upaya Mengatasi Masalah Akibat Globalisasi dan Era Digital, Materi Sosiologi Kelas XII Kurikulum Merdeka

By Rizky Amalia, Senin, 28 Oktober 2024 | 08:00 WIB
Globalisasi adalah proses integrasi yang menghubungkan negara-negara di seluruh dunia melalui perdagangan, investasi, teknologi, informasi, budaya, dan interaksi sosial. (Pexels/Cup of Couple)

adjar.id - Apa saja upaya mengatasi masalah akibat globalisasi dan era digital?

Kali ini kita akan mempelajari tentang upaya mengatasi masalah akibat globalisasi dan era digital, materi Sosiologi kelas XII Kurikulum Merdeka.

Globalisasi adalah proses integrasi yang menghubungkan negara-negara di seluruh dunia melalui perdagangan, investasi, teknologi, informasi, budaya, dan interaksi sosial.

Fenomena ini memungkinkan pertukaran ide, barang, dan jasa dalam skala internasional yang lebih mudah dan cepat.

Globalisasi membuat batas-batas geografis antarnegara menjadi lebih fleksibel, dan akses terhadap produk atau budaya dari negara lain menjadi lebih mudah.

Nah, globalisasi juga dapat membawa dampak positif dan negatif.

Dampak positif globalisasi ialah membuka peluang pasar global untuk produk lokal dan meningkatkan aliran investasi asing.

Selain itu juga memperkenalkan budaya dari berbagai negara sehingga mendorong keberagaman dan toleransi.

Dampak negatif globalisasi ialah kesenjangan antara negara maju dan berkembang atau antara kelompok kaya dan miskin semakin lebar.

Era digital mengacu pada periode ketika teknologi digital, seperti internet, komputer, dan perangkat seluler, memainkan peran besar dalam kehidupan sehari-hari.

Perkembangan internet dan perangkat digital telah membawa dunia memasuki era di mana informasi dan komunikasi menjadi semakin cepat, mudah, dan global.

Baca Juga: Ragam Masalah Sosial Akibat Globalisasi dan Era Digital, Materi Sosiologi Kelas XII Kurikulum Merdeka