Bentuk-Bentuk Nasionalisme yang Diterapkan di Suatu Negara, Materi PPKn Kelas X Kurikulum Merdeka

By Rizky Amalia, Senin, 21 Oktober 2024 | 14:00 WIB
Nasionalisme dapat menyatukan suatu bangsa, tetapi yang berlebihan dapat menghancurkan hubungan dengan orang lain. (unsplash/aennnana)

adjar.id - Apa saja bentuk-bentuk nasionalisme yang diterapkan di suatu negara?

Pada artikel ini kita akan mempelajari tentang bentuk-bentuk nasionalisme yang diterapkan di suatu negara, materi PPKn kelas X Kurikulum Merdeka.

Secara bahasa, nasionalisme berasal dari kata nation yang berarti bangsa.

Sementara secara istilah dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), nasionalisme diartikan sebagai paham atau ajaran untuk mencintai bangsa dan negara sendiri.

Nah, nasionalisme diartikan sebagai kesadaran keanggotaan dalam suatu bangsa yang secara potensial atau aktual bersama-sama mencapai, mempertahankan, dan mengabadikan identitas, integritas, kemakmuran, dan kekuatan bangsa itu.

Nasionalisme dapat menyatukan suatu bangsa, tetapi yang berlebihan dapat menghancurkan hubungan dengan orang lain.

Ciri-ciri seseorang memiliki sikap nasionalisme ialah menghargai dan mengenang jasa para pahlawan nasional, bangga terhadap bangsa dan tanah air, hingga menghargai keindahan alam dan budaya Indonesia.

Sikap nasionalisme dapat ditanamkan dalam diri seseorang melalui tindakan-tindakan sederhana yang mencerminkan cinta dan kepedulian terhadap bangsa dan negara.

Nah, berikut merupakan bentuk-bentuk nasionalisme yang diterapkan di suatu negara.

Yuk, kita pelajari bersama!

"Nasionalisme merupakan konsep atau ideologi yang mementingkan identitas, kesatuan, dan kepentingan nasional suatu bangsa atau negara."

Baca Juga: Tujuan dan Ciri-Ciri Nasionalisme, Materi PPKn Kelas X Kurikulum Merdeka