7 Langkah Menulis Teks Eksposisi Hasil Penelitian Sederhana sebagai Bahan untuk Menyampaikan Kritik Sosial, Bahasa Indonesia Kelas X

By Rizky Amalia, Senin, 21 Oktober 2024 | 11:00 WIB
Teks eksposisi adalah jenis teks yang bertujuan untuk memberikan penjelasan atau memaparkan informasi tentang suatu topik secara jelas dan objektif. (Pexels/Lisa Fotios)

adjar.id - Apa saja langkah-langkah menulis teks eksposisi hasil penelitian sederhana sebagai bahan untuk menyampaikan kritik sosial?

Kali ini kita akan mempelajari tentang langkah-langkah menulis teks eksposisi hasil penelitian sederhana sebagai bahan untuk menyampaikan kritik sosial, Adjarian.

Ini merupakan salah satu materi bahasa Indonesia kelas X Kurikulum Merdeka.

Teks eksposisi adalah jenis teks yang bertujuan untuk memberikan penjelasan atau memaparkan informasi tentang suatu topik secara jelas dan objektif.

Teks ini bertujuan untuk memberikan pemahaman atau wawasan baru kepada pembaca mengenai suatu isu, peristiwa, atau konsep.

Teks eksposisi biasanya dilengkapi dengan fakta dan data yang mendukung sehingga pembaca bisa memahami informasi yang disampaikan dengan baik.

Nah, teks eksposisi bertujuan untuk memberikan informasi dan pengetahuan, bukan sekadar hiburan.

Argumen dan informasi yang diberikan dalam teks eksposisi harus disusun secara logis dan terstruktur agar mudah dipahami.

O iya, teks eksposisi harus menggunakan bahasa yang lugas dan mudah dipahami oleh pembaca.

Simak penjelasan di bawah ini untuk mengetahui langkah-langkah menulis teks eksposisi hasil penelitian sederhana sebagai bahan untuk menyampaikan kritik sosial, materi bahasa Indonesia kelas X Kurikulum Merdeka.

"Teks eksposisi adalah jenis teks yang memberikan penjelasan atau informasi tentang suatu isu dengan cara yang jelas, objektif, dan logis."

Baca Juga: 4 Macam Pola Pengembangan Teks Eksposisi serta Strukturnya