Jawab Soal Asesmen Pengetahuan/Evaluasi Bab 1, No. 11-15, Geografi Kelas XI Kurikulum Merdeka

By Rizky Amalia, Rabu, 9 Oktober 2024 | 13:00 WIB
Sebelum mengerjakan soal yang tersedia, kita bisa membaca materi Bab 1: 'Posisi Strategis Indonesia dan Potensi Sumber Daya Alam' terlebih dahulu. (Min An)

adjar.id - Kali ini kita akan membahas soal dari buku Geografi kelas XI Kurikulum Merdeka.

Terdapat soal Asesmen Pengetahuan/Evaluasi Bab 1 di halaman 57-62.

Nah, pada artikel ini kita akan mengerjakan soal Asesmen Pengetahuan/Evaluasi Bab 1 untuk nomor 11-15 di halaman 60-62.

Sebelum mengerjakan soal yang tersedia, Adjarian bisa membaca materi Bab 1: "Posisi Strategis Indonesia dan Potensi Sumber Daya Alam" terlebih dahulu.

Pembahasan soal di bawah ini juga dapat dijadikan sebagai referensi jawaban, Adjarian.

Simak pembahasan soal Asesmen Pengetahuan/Evaluasi Bab 1, No. 11-15, Geografi kelas XI Kurikulum Merdeka berikut ini.

Pembahasan Soal Asesmen Pengetahuan/Evaluasi Bab 1, No. 11-15

Instruksi: Setelah kalian mempelajari posisi strategi Indonesia dan sumber daya alam, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.

Jika kalian dapat nilai di atas 80, maka kalian telah sukses dan silahkan menuju pada bab berikutnya.

Jika hasil jawaban kalian kurang dari 80, maka silakan untuk mendalami bagian yang kalian belum paham.

11. Devisa negara dapat ditingkatkan melalui penerapan prinsip ekoefisiensi dengan melaksanakan pembangunan berkelanjutan. Salah satu contoh penerapan prinsip ekoefisiensi dalam kegiatan pertambangan adalah ….

Baca Juga: Jawab Soal Asesmen Pengetahuan/Evaluasi Bab 1, No. 6-10, Geografi Kelas XI Kurikulum Merdeka

A. Mengolah emas menjadi barang jadi yang lebih bernilai sebelum dieksporB. Mengeksplorasi kawasan baru untuk membuka lahan pertambangan batu baraC. Pemberlakuan program pembangunan Corporate Social Responsibility (CSR)D. Memaksimalkan eksploitasi minyak bumi dan nikel dengan sebesar-besarnyaE. Melonggarkan pengawasan dan regulasi pertambangan minyak bumi baru

Jawaban: A. Mengolah emas menjadi barang jadi yang lebih bernilai sebelum diekspor

(tangkapan layar) Pembahasan soal Asesmen Pengetahuan/Evaluasi Bab 1, No. 11-15, Geografi kelas XI Kurikulum Merdeka. (kemdikbud.go.id)

12. Pemanfaatan hasil kekayaan hutan di Indonesia memerlukan pengawasan yang ketat dan sesuai dengan kebijakan agar kelestarian hutan tropis di Indonesia tetap terjaga.

Bagaimana peran keberadaan hutan dengan kehidupan masyarakat?

A. Terciptanya kondisi kehidupan yang stabil dan dinamisB. Munculnya berbagai macam pekerjaan bagi masyarakatC. Pembukaan lahan skala besar untuk mendukung ekonomiD. Menebang pohon yang tua dan menanam pohon kembaliE. Penyeimbang lingkungan dan penyedia cadangan oksigen

Jawaban: E. Penyeimbang lingkungan dan penyedia cadangan oksigen

13. Pembangunan proyek pariwisata di Taman Nasional Komodo di pulau Rinca dan Padar dikhawatirkan dapat menimbulkan masalah lingkungan habitat asli komodo. AMDAL untuk proyek tersebut perlu dilakukan secara memadai untuk mencegah permasalahan lingkungan berlanjut.

Tindakan apalagi yang perlu dilakukan oleh pemerintah agar pembangunan tersebut tetap dapat menjaga kelestarian lingkungan di pulau tersebut?

A. Memberlakukan kenaikan pajak pada wisatawan lokal dan asingB. Membentuk UU khusus yang mengatur pembangunan wilayah TNC. Membentuk pasukan khusus guna melakukan patroli secara berkalaD. Menolak dan membatasi aktivitas di sekitar Taman Nasional KomodoE. Memberlakukan pembatasan wilayah antara tempat wisata dan hutan

Jawaban: B. Membentuk UU khusus yang mengatur pembangunan wilayah TN

Baca Juga: Jawab Soal Asesmen Pengetahuan/Evaluasi Bab 1, No.1-5, Geografi Kelas XI Kurikulum Merdeka

14. Keindahan daerah pegunungan seperti di kota Batu dapat menarik banyak minat wisatawan. Peningkatan wisatawan juga berbanding lurus dengan peningkatan jumlah sampah di lokasi.

Bagaimanakah tindakan yang dapat diambil untuk mengatasi permasalahan tersebut apabila memperhatikan prinsip pembangunan berkelanjutan?

A. Membangun fasilitas dan kegiatan ekonomi di pasar modern.B. Memaksimalkan promosi tempat wisata melalui media sosial.C. Memproduksi cendera mata dari pengolahan sampah daur ulang.D. Memelihara hutan sekitar untuk menjaga kelestarian lingkungan.E. Membuat alternatif tempat wisata baru selain dari wisata alam.

Jawaban: C. Memproduksi cendera mata dari pengolahan sampah daur ulang.

15. Wilayah dan keberagaman permukaan terutama pada daerah yang berada di pedalaman menjadi sulit dijangkau. Hal ini menyebabkan pembangunan dan perlindungan keamanan negara menjadi sulit untuk diawasi.

Bagaimanakah solusi yang dapat diambil pemerintah Indonesia dalam mengatasi permasalahan tersebut?

A. Memaksimalkan dan memperketat pengawasan daerah perbatasan.B. Meningkatkan pembangunan dengan pengolahan sumber daya alam.C. Pengawasan dan pengumpulan informasi daerah terpencil dengan sig.D. Bekerja sama dengan negara lain dalam tahap pembangunan negara.E. Memanfaatkan tenaga penduduk setempat untuk melakukan survei.

Jawaban: C. Pengawasan dan pengumpulan informasi daerah terpencil dengan sig.

Nah, demikian pembahasan soal Asesmen Pengetahuan/Evaluasi Bab 1, No. 11-15, Geografi kelas XI Kurikulum Merdeka.

Tonton video ini, yuk!