Alasan Kedatangan Jepang ke Indonesia, Materi Sejarah Kelas XI Kurikulum Merdeka

By Rizky Amalia, Rabu, 9 Oktober 2024 | 11:00 WIB
Pada awal pendudukan Jepang di Enrekang, Sulawesi Selatan, tentara Jepang disambut baik. (Dok. Kemdikbud)

adjar.id - Apa yang Adjarian ketahui tentang alasan kedatangan Jepang ke Indonesia?

Pada artikel ini kita akan mempelajari tentang alasan kedatangan Jepang ke Indonesia, materi Sejarah kelas XI Kurikulum Merdeka.

Jepang datang ke Indonesia pada masa Perang Dunia II dengan tujuan utama untuk memperluas wilayah kekuasaan dan mengamankan sumber daya alam yang diperlukan dalam upaya memperkuat kekuatan militernya.

Kedatangan Jepang ke Indonesia tidak hanya didorong oleh ambisi ekspansionis, tetapi juga oleh kebutuhan strategis untuk mendukung perjuangan mereka dalam menghadapi Sekutu.

Jepang mengeksploitasi sumber daya alam Indonesia secara besar-besaran.

Mereka juga menerapkan sistem kerja paksa atau romusha yang melibatkan jutaan rakyat Indonesia dipaksa bekerja dalam kondisi buruk untuk membangun infrastruktur militer Jepang.

Meski Jepang menggunakan Indonesia untuk kepentingan mereka sendiri, mereka juga membuka peluang bagi para pemimpin nasionalis Indonesia untuk bergerak lebih bebas.

Jepang memberikan ruang kepada tokoh-tokoh nasionalis seperti Soekarno dan Mohammad Hatta untuk memobilisasi rakyat dalam mendukung upaya perang Jepang, meski tujuan akhirnya adalah kemerdekaan Indonesia.

Berikut ini merupakan alasan kedatangan Jepang ke Indonesia, apa saja?

"Pendudukan Jepang atas Indonesia berlangsung dari tahun 1942 hingga 1945, dan membawa dampak besar pada sejarah bangsa Indonesia."

Alasan Kedatangan Jepang ke Indonesia

1. Mendapatkan Sumber Daya Alam

Baca Juga: Jawab Soal Mengapa Rakyat Indonesia Menyambut Baik Kedatangan Jepang?