Jawab Soal Asesmen Pengetahuan/Evaluasi Bab 1, No. 6-10, Geografi Kelas XI Kurikulum Merdeka

By Rizky Amalia, Senin, 7 Oktober 2024 | 11:00 WIB
(tangkapan layar) Terdapat soal Asesmen Pengetahuan/Evaluasi Bab 1 di halaman 57-62. (kemdikbud.go.id)

adjar.id - Kali ini kita akan membahas soal dari buku Geografi kelas XI Kurikulum Merdeka.

Terdapat soal Asesmen Pengetahuan/Evaluasi Bab 1 di halaman 57-62.

Nah, pada artikel ini kita akan melanjutkan mengerjakan soal Asesmen Pengetahuan/Evaluasi Bab 1, No.6-10 yang terdapat di halaman 59-60.

Soal Asesmen Pengetahuan/Evaluasi Bab 1, No.6-10 berupa pilihan ganda, Adjarian.

Informasi berikut ini dapat dijadikan sebagai referensi jawaban dalam mengerjakan soal.

Simak pembahasan soal Asesmen Pengetahuan/Evaluasi Bab 1, No.6-10, Geografi kelas XI Kurikulum Merdeka di bawah ini.

Pembahasan Soal Asesmen Pengetahuan/Evaluasi Bab 1, No. 6-10

Instruksi: Setelah kalian mempelajari posisi strategi Indonesia dan sumber daya alam, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.

Jika kalian dapat nilai di atas 80, maka kalian telah sukses dan silakan menuju pada bab berikutnya.

Jika hasil jawaban kalian kurang dari 80, maka silakan untuk mendalami bagian yang kalian belum paham.

6. Marine Mega-Biodiversity hanya dimiliki oleh negara dengan wilayah kelautan yang memiliki keanekaragaman biota laut.

Baca Juga: Jawab Soal Asesmen Pengetahuan/Evaluasi Bab 1, No.1-5, Geografi Kelas XI Kurikulum Merdeka

Hal apa saja yang dapat dimanfaatkan dari segi ekonomi berdasarkan keadaan tersebut?

(tangkapan layar) Pembahasan soal Asesmen Pengetahuan/Evaluasi Bab 1, No.6-10, Geografi kelas XI Kurikulum Merdeka. (kemdikbud.go.id)

A. Indonesia dapat menambah luasan wilayah kekuasaan maritim.B. Indonesia dapat memiliki sumber daya pariwisata dan tambang.C. Lautan Indonesia sebagai komoditas utama pendukung devisa.D. Keanekaragaman biota laut sebagai koleksi kekayaan negara.E. Lautan Indonesia sebagai ekosistem pendukung kelestarian alam.

Jawaban: D. Keanekaragaman biota laut sebagai koleksi kekayaan negara.

7. Indonesia memiliki banyak potensi yang dapat dikembangkan dari sumber daya alam yang ada. Salah satu contohnya seperti hutan yang dapat menghasilkan kayu, oksigen, dan air bersih untuk keberlangsungan hidup manusia. Selain itu ada pula bahan bakar fosil dan batu bara yang dapat diolah sebagai sumber tenaga.

Bagaimanakah langkah yang harus dilakukan untuk menjaga keberadaan sumber daya hutan di Indonesia, mengingat peranan hutan yang sangat penting bagi kehidupan?

A. Mengolah hasil hutan menjadi barang jadi yang bernilai tinggi di pasaranB. Membuka lahan untuk diolah dengan program kerja sama masyarakatC. Menggalakkan kampanye lingkungan sebagai bentuk dukungan pasifD. Menggunakan sumber energi terbaharui sebagai alternatif penggantiE. Mengembangkan aktifitas pada sektor pertanian dan perkebunan sawit

Jawaban: A. Mengolah hasil hutan menjadi barang jadi yang bernilai tinggi di pasaran

8. Negara Nauru adalah negara kecil yang memiliki luas wilayah 21m2 dengan total penduduk sebesar 11.200 jiwa. Sejak tahun 1980-an negara ini menjadi negara yang paling kaya dan makmur karena memiliki cadangan fosfat. Akan tetapi pada awal tahun 2000 cadangan fosfat di negara tersebut kian menipis. Indonesia sebagai negara yang juga memiliki kekayaan alam berlimpah.

Tindakan seperti apakah yang harus diambil pemerintah dalam memanfaatkan sumber daya apabila berkaca pada negara Nauru?

A. Pengolahan sumber daya secara tradisionalB. Memanfaatkan satu jenis sumber daya alamC. Memfokuskan pembangunan daerah terpencilD. Meningkatkan penggunaan dan pemeliharaanE. Merancang rencana pemanfaatan berkelanjutan

Baca Juga: Jawab Soal Asesmen Pengetahuan tentang Flora dan Fauna Nomor 6-10, Materi Geografi Kelas XI Kurikulum Merdeka

Jawaban: D. Meningkatkan penggunaan dan pemeliharaan

9. Pemanfaatan peluang yang dapat dilakukan Indonesia sebagai negara poros maritim guna memaksimalkan potensi yang ada dan sebagai proses peningkatan kesejahteraan masyarakat adalah ….

A. Menyambut turis yang datang dengan kapal pesiar mewahB. Memberikan pajak bagi kapal yang melintasi kawasan negaraC. Mengagendakan monopoli bersama negara maritime lainnyaD. Memfasilitasi kapal yang transit dengan membangun pelabuhanE. Meminimalisir adanya pelayaran di kawasan perairan indonesia

Jawaban: A. Menyambut turis yang datang dengan kapal pesiar mewah

10. Perhatikan gamber berikut!

Indonesia dapat disebut sebagai gerbang jalur pelayaran dunia karena sering dilalui oleh berbagai kapal dari bermacam-macam negara. Kondisi kelautan Indonesia dapat memberikan banyak keuntungan dan manfaat akibat dari hal tersebut.

Upaya meningkatkan perekonomian nasional melalui adanya jalur laut tersebut adalah ....

A. Meningkatkan keterampilan bagi seluruh calon tenaga kerjaB. Meningkatkan kuantitas ekspor hasil laut ke negara majuC. Menurunkan harga dan menghapus bea masuk barang imporD. Membangun banyak pusat perdagangan dan pelabuhan besarE. Menjadikan indonesia sebagai jalur penghubung perdagangan

Jawaban: B. Meningkatkan kuantitas ekspor hasil laut ke negara maju

Demikian pembahasan soal Asesmen Pengetahuan/Evaluasi Bab 1, No.6-10, Geografi kelas XI Kurikulum Merdeka.

Tonton video ini, yuk!