Jawab Soal Membaca Karya Ilmiah, Bahasa Indonesia Kelas XI Kurikulum Merdeka

By Rizky Amalia, Senin, 30 September 2024 | 07:00 WIB
(tangkapan layar) Terdapat soal Membaca Karya Ilmiah pada halaman 198-199 yang terdiri dari sepuluh pertanyaan. (kemdikbud.go.id)

adjar.id - Pada artikel ini kita akan membahas soal dari buku Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia kelas XI Kurikulum Merdeka.

Terdapat soal Membaca Karya Ilmiah pada halaman 198-199 yang terdiri dari sepuluh pertanyaan.

Nah, kita diperintahkan untuk membuat kelompok membaca, kemudian menjawab pertanyaan yang tersedia.

Sebelum mengerjakan soal, kita diminta untuk membaca karya ilmiah "Karakteristik Vegetasi Habitat Orang Utan (Pongo pygmaeus morio) di Hutan Tepi Sungai Menamang, Kalimantan Timur".

Berikut ini merupakan pembahasan soal Membaca Karya Ilmiah, bahasa Indonesia kelas XI Kurikulum Merdeka.

Pembahasan Soal Membaca Karya Ilmiah

Instruksi: Dengan kelompok membaca karya ilmiah yang sama, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.

1. Pada bagian abstrak, apakah kalian mendapatkan informasi mengenai topik pembahasan, lokasi penelitian dan tujuan penelitian? Jika ya, sebutkan hal-hal tersebut.

Jawaban: Berikut ini merupakan topik pembahasan, lokasi penelitian, dan tujuan penelitian dari karya ilmiah tersebut, antara lain:

- Topik pembahasan: karakteristik vegetasi habitat orang utan

- Lokasi penelitian: hutan tepi Sungai Menamang, Kalimantan Timur

Baca Juga: Jawab Soal Kegiatan 1 Membaca Karya Ilmiah, Bahasa Indonesia Kelas XI Kurikulum Merdeka

- Tujuan penelitian: memperoleh informasi mengenai komponen vegetasi habitat orang utan

2. Pada bagian pendahuluan, apakah rumusan masalah dan manfaat penelitian diuraikan sesuai kaidah penulisan karya ilmiah? Jelaskan jawaban kalian.

(tangkapan layar) Pembahasan soal Membaca Karya Ilmiah, bahasa Indonesia kelas XI Kurikulum Merdeka. (kemdikbud.go.id)

Jawaban: Rumusan masalah menggambarkan cukup jelas mengapa penelitian ini dilakukan, yakni untuk menjaga kelestarian kawasan hutan tepi sungai sebagai refuge area sekaligus habitat alternatif bagi satwa liar terdampak pembangunan.

Oleh karena itu, dilakukan penelitian karakteristik vegetasi untuk dapat mendukung perilaku orang utan pada habitat tersebut.

Manfaat penelitian diuraikan dengan baik, yaitu untuk mendukung penelitian lebih lanjut, misalnya ekologi perilaku.

Manfaat lain adalah untuk menaksir kesesuaian dan preferensi habitat orang utan.

3. Mengapa hutan tepi Sungai Menamang dipilih untuk penelitian ini? Apa pendapat kalian mengenai peta lokasi yang terdapat pada karya ilmiah di atas?

Jawaban: Hutan tepi Sungai Menamang dipilih untuk penelitian karena terdapat spesies orang utan morio.

Peta lokasi perlu ditambah informasi mengenai provinsi dan pembesaran lokasi penelitian. Gambar peta ini belum terlalu jelas menggambarkan lokasi penelitian.

4. Sebutkan hipotesis peneliti yang menjadi bagian dari kerangka teoretis pada karya ilmiah di atas.

Baca Juga: Jawab Soal Kegiatan 2 Memahami Karya Ilmiah 'Status Kondisi Terumbu Karang di Teluk Ambon' No.3 Bahasa Indonesia Kelas XI

Jawaban: Hipotesis peneliti belum tecerminkan dengan jelas.

Pada bagian pendahuluan, tertulis "Apabila tidak ditindaklanjuti, kondisi demikian akan berakibat pada semakin berkurangnya lebar dan luasan hutan."

Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik vegetasi hutan tepi Sungai Menamang yang meliputi keanekaragaman jenis, serta komposisi dan struktur vegetasi.

Dapat disimpulkan bahwa hipotesisnya adalah tanpa mengetahui karakteristik vegetasi akan sulit untuk menjaga lebar dan luasan hutan.

5. Apakah pemaparan metode penelitian telah sesuai kaidah penulisan karya ilmiah? Jelaskan alasan kalian.

Jawaban: Pemaparan metode penelitian sudah cukup terperinci dari lokasi, waktu, cara pengumpulan data, sampai analisis data telah dijabarkan dengan teliti.

6. Perhatikan Tabel 4. Buatlah pertanyaan berdasarkan tabel tersebut.

Jawaban: Suku tanaman apakah yang termasuk ke dalam tanaman dengan tiga INP tertinggi?

7. Apakah hubungan antara keanekaragaman vegetasi hutan tepi sungai dan pengurangan konflik orang utan dengan manusia?

Jawaban: Dengan keanekaragaman vegetasi hutan tepi sungai yang terjaga, orang utan masih mendapatkan sumber pakan sehingga tidak mencari sumber pakan di perkebunan penduduk sekitarnya.

8. Pada bagian simpulan, apakah jenis pohon yang disebutkan merupakan vegetasi pendukung habitat orang utan? Jelaskan alasan kalian.

Baca Juga: Jawab Soal Kegiatan 2 Memahami Karya Ilmiah 'Status Kondisi Terumbu Karang di Teluk Ambon' No.2, Bahasa Indonesia Kelas XI

Jawaban: Pohon Lagerstroemia speciosa merupakan pendukung habitat orang utan karena selain dipakai sebagai sarang juga digunakan sebagai sumber pakan.

9. Apa pendapat kalian mengenai saran penulis untuk melakukan penelitian tentang karakteristik floristik pohon-pohon potensial pakan orang utan?

Jawaban: Saya setuju karena pohon-pohon floristik dapat menjadi sumber pakan orang utan. Hal ini akan mengurangi konflik orang utan dengan penduduk sekitar.

10. Apakah penulisan daftar pustaka sudah sesuai kaidah penulisan karya ilmiah? Jelaskan alasan kalian.

Jawaban: Penulisan daftar pustaka sudah sesuai karena sudah berurutan secara alfabetis dan sesuai dengan kaidah penulisan daftar pustaka.

Nah, demikian pembahasan soal Membaca Karya Ilmiah, bahasa Indonesia Kelas XI Kurikulum Merdeka.

Tonton video ini, yuk!