3 Jenis Sumber Daya Alam Berdasarkan Potensinya, Materi Geografi Kelas XI

By Rizky Amalia, Senin, 2 September 2024 | 09:30 WIB
Sumber daya alam meliputi segala sesuatu yang berasal dari alam seperti air, tanah, udara, tumbuhan, hewan, mineral, dan energi. (Freepik)

adjar.id - Apa saja jenis-jenis sumber daya alam berdasarkan potensinya?

Kali ini kita akan mempelajari tentang jenis-jenis sumber daya alam berdasarkan potensinya.

Sumber daya alam (SDA) merupakan kekayaan alam yang tersedia di bumi dan dapat dimanfaatkan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Sumber daya alam meliputi segala sesuatu yang berasal dari alam seperti air, tanah, udara, tumbuhan, hewan, mineral, dan energi.

O iya, sumber daya alam juga memiliki pengaruh terhadap kegiatan ekonomi.

Maka dari itu, sumber daya alam menjadi hal penting dalam mendukung kehidupan manusia.

Keberadaan sumber daya alam sangat penting karena menjadi dasar bagi kehidupan dan aktivitas ekonomi manusia.

Sumber daya alam adalah semua bahan yang diperoleh dari alam yang berguna bagi manusia dan dapat digunakan untuk berbagai tujuan, termasuk pemenuhan kebutuhan dasar seperti pangan, energi, dan bahan baku industri.

Nah, sumber daya alam dikelompokkan berdasarkan berbagai kriteria, seperti potensi, asal, ketersediaan, dan cara pengelolaannya.

Pengelolaan yang tepat, berkelanjutan, dan berbasis konservasi dapat membantu mengatasi tantangan eksploitasi berlebihan dan menjaga keseimbangan lingkungan.

Melalui kolaborasi antara pemerintah, masyarakat, dan sektor swasta, pelestarian sumber daya alam dapat tercapai untuk mendukung kehidupan yang lebih baik dan berkelanjutan.

Baca Juga: Jenis Sumber Daya Alam Berdasarkan Sifatnya, Materi Geografi Kelas XI