2 Macam Sumber Daya Alam Berdasarkan Jenisnya, Materi Geografi Kelas XI

By Rizky Amalia, Selasa, 27 Agustus 2024 | 11:00 WIB
Sumber daya alam memiliki banyak manfaat untuk kehidupan, seperti dapat dijadikan bahan pangan, bahan material bangunan, dan bahan sandang. (Irina Iriser)

adjar.id - Apa saja macam-macam sumber daya alam berdasarkan jenisnya?

Kali ini kita akan mempelajari macam-macam sumber daya alam berdasarkan jenisnya, materi Geografi kelas XI Kurikulum Merdeka.

Sumber daya alam merupakan potensi alam yang bisa dikembangkan sebagai bahan untuk proses produksi yang berasal dari bumi, biosfer, dan atmosfer.

Nah, sumber daya alam juga dipahami sebagai bahan untuk pemenuhan kebutuhan dan keberlangsungan kehidupan manusia.

O iya, sumber daya alam juga bisa memberikan nilai ekonomi dalam bentuk mentah maupun yang harus atau telah melewati proses.

Sumber daya alam memiliki banyak manfaat untuk kehidupan, seperti dapat dijadikan bahan pangan, bahan material bangunan, dan bahan sandang.

Meski jumlahnya sangat melimpah, penggunaan sumber daya alam harus tetap dibatasi dan dipelihara untuk proses yang berkelanjutan dan secara berkesinambungan, Adjarian.

Terlebih lagi, sumber daya alam yang ada tersebut sangat bermanfaat bagi semua makhluk hidup.

Yuk, kita pelajari sama-sama sumber daya alam berdasarkan jenisnya!

"Sumber daya alam merupakan sesuatu yang ditemukan di alam, bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan dan kepentingan hidup manusia sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan dan kelangsungan hidup."

Macam-Macam Sumber Daya Alam Berdasarkan Jenisnya

Sumber daya alam berdasarkan jenisnya dibagi menjadi dua.

Baca Juga: Pengertian Sumber Daya Alam serta Nilai yang Dimilikinya, Materi Geografi Kelas XI