Jawab Soal Pertanyaan Pemahaman pada Bab 3: Teknologi Informasi dan Komunikasi, Informatik Kelas X

By Rizky Amalia, Sabtu, 17 Agustus 2024 | 08:00 WIB
(tangkapan layar) Terdapat soal Pertanyaan Pemahaman pada Bab 3: 'Teknologi Informasi dan Komunikasi' di halaman 50. (kemdikbud.go.id)

adjar.id - Pada artikel ini kita akan membahas soal dari buku Informatika kelas X Kurikulum Merdeka.

Terdapat soal Pertanyaan Pemahaman pada Bab 3: "Teknologi Informasi dan Komunikasi" di halaman 50.

Soal Pertanyaan Pemahaman pada Bab 3: "Teknologi Informasi dan Komunikasi" terdiri dari tiga pertanyaan.

Pada Bab 3: "Teknologi Informasi dan Komunikasi" kita akan mempelajari tentang perkakas teknologi informasi dan komunikasi serta integrasi konten aplikasi perkantoran.

Aplikasi office (aplikasi perkantoran) adalah kumpulan aplikasi yang digunakan untuk memudahkan pekerjaan perkantoran.

Nah, karena berupa aplikasi, fitur-fiturnya sudah tersedia dan dapat langsung digunakan oleh pengguna tanpa harus membangunnya sendiri menggunakan bahasa pemrograman.

Mengintegrasikan artinya menyatukan beberapa objek, data, atau komponen untuk membentuk sesuatu yang utuh dan bermakna, walaupun komponennya tadinya terpencar atau tidak ada hubungannya.

Setiap jenis aplikasi perkantoran memiliki fungsi yang berbeda sehingga pengguna biasanya hanya menggunakan satu aplikasi sekali waktu,

Misalnya menggunakan aplikasi word processor untuk menyusun dokumen.

Yuk, simak pembahasan soal Pertanyaan Pemahaman pada Bab 3: "Teknologi Informasi dan Komunikasi", Informatika kelas X Kurikulum Merdeka!

Pembahasan Soal Pertanyaan Pemahaman pada Bab 3: "Teknologi Informasi dan Komunikasi"

Baca Juga: Jawab Soal Ayo Berdiskusi Bab 2: 'Berpikir Komputasional', Informatika Kelas X Kurikulum Merdeka

Instruksi: Jawablah pertanyaan di bawah ini dalam Buku Catatan, dan jangan lupa mencatat kegiatan dalam Jurnal.

(tangkapan layar) Pembahasan soal Pertanyaan Pemahaman pada Bab 3: 'Teknologi Informasi dan Komunikasi', Informatika kelas X Kurikulum Merdeka (kemdikbud.go.id)

1. Tahukah kalian, mengapa potongan teks, tabel atau gambar dapat di-copy/paste dan dibawa antaraplikasi?

Jawaban: Potongan teks, tabel atau gambar dapat di-copy/paste dan dibawa antaraplikasi karena adanya mekanisme yang disebut Clipboard atau Papan Klip.

Clipboard adalah area tempat sementara di memori komputer yang digunakan untuk menyimpan data yang telah dipilih atau disalin pengguna.

2. Dalam Object Linking, jika sumber diedit, otomatis semua objek yang terhubung akan berubah.

Menurut kalian, mengapa ini terjadi? Mana yang lebih menguntungkan, melakukan copy/paste atau object Linking?

Jawaban: Dalam Object Linking, jika sumber diedit, otomatis semua objek yang terhubung akan berubah.

Menurut saya, hal ini terjadi karena objek-objek tersebut saling terhubung atau terkait satu sama lain secara langsung, sehingga ketika ada perubahan pada sumber, objek-objek terhubung akan mengambil data terbaru dari sumber tersebut.

Menurut saya, yang lebih menguntungkan antara melakukan copy/paste atau object Linking adalah Object Linking.

Alasannya ketika menggunakan Object Linking, jika terdapat perubahan pada sumber data, seperti pada dokumen atau file yang terkait, semua objek yang terhubung akan diperbarui secara otomatis.

Baca Juga: Cara Mengintegrasikan Aplikasi Perkantoran, Materi Informatika Kelas 10 Kurikulum Merdeka

Hal ini menghemat waktu dan usaha yang dibutuhkan untuk memperbarui setiap objek secara manual.

3. Kelak, konsep ini akan kalian pelajari dalam pemrograman! Kedua konsep ini, yaitu (1) menyalin dan membawa salinannya, atau (2) hanya mengacu tanpa membawa objek yang disalin merupakan dua konsep yang penting dalam informatika.

Konsep yang kedua akan menjadi dasar untuk belajar "pointer".

Jawaban: Ya, konsep menyalin dan membawa salinannya serta hanya mengacu tanpa membawa objek yang disalin adalah penting dalam pemrograman.

Ini digunakan untuk mengelola dan memanipulasi objek dan data dalam program. Konsep ini adalah dasar untuk belajar pointer dalam pemrograman.

Pointer merupakan variabel yang berisi alamat memori dari objek atau data lain.

Dengan menggunakan pointer, kita bisa mengakses dan memanipulasi nilai objek tersebut.

Nah, itulah pembahasan soal Pertanyaan Pemahaman pada Bab 3: "Teknologi Informasi dan Komunikasi", Informatika kelas X Kurikulum Merdeka.

Tonton video ini, yuk!