Jawab Soal Ayo Berdiskusi Bab 2: 'Berpikir Komputasional', Informatika Kelas X Kurikulum Merdeka

By Rizky Amalia, Rabu, 14 Agustus 2024 | 11:30 WIB
Terdapat soal Ayo Berdiskusi Bab 2: 'Berpikir Komputasional' di halaman 30. (Yan Krukau)

adjar.id - Kali ini kita akan membahas soal dari buku Informatika kelas X Kurikulum Merdeka.

Terdapat soal Ayo Berdiskusi Bab 2: "Berpikir Komputasional" di halaman 30.

Soal Ayo Berdiskusi Bab 2: "Berpikir Komputasional" terdiri dari enam pertanyaan, ya.

Bab 2: "Berpikir Komputasional" kita akan mempelajari algoritma standar untuk beberapa persoalan yang disajikan, menjelaskan bagaimana data disimpan dalam struktur data tertentu, dan menentukan strategi yang efektif untuk menyelesaikan persoalan yang sajikan.

Nah, kegiatan utama dalam BK ialah penyelesaian masalah (problem solving), untuk menemukan solusi yang efisien, efektif, dan optimal sehingga solusinya bisa dijalankan oleh manusia maupun mesin.

O iya, ada empat fondasi berpikir komputasional dalam ilmu informatika, yakni abstraksi, algoritma, dekomposisi, dan pola.

Yuk, simak informasi di bawah ini untuk mengetahui pembahasan soal Ayo Berdiskusi Bab 2: "Berpikir Komputasional", Informatika kelas X Kurikulum Merdeka.

Pembahasan Soal Ayo Berdiskusi Bab 2: "Berpikir Komputasional"

Instruksi: Setelah bermain, saatnya memikirkan permainan tersebut dan cara kalian bermain. Beberapa poin yang penting untuk didiskusikan seperti berikut.

1. Apakah permainan ini merupakan masalah pencarian?

Jawaban: Iya, permainan tersebut termasuk masalah pengurutan.

Baca Juga: Apa Itu Berpikir Komputasioanl? Materi Informatika Kelas X Kurikulum Merdeka

2. Apabila Binti menjalankan strategi yang tepat, berapa kali jumlah maksimal tebakan yang benar-benar ia perlukan?

(tangkapan layar) Pembahasan soal Ayo Berdiskusi Bab 2: 'Berpikir Komputasional', Informatika kelas X Kurikulum Merdeka. (kemdikbud.go.id)

Jawaban: Jika Binti menjalankan strategi yang tepat, jumlah maksimal tebakan yang benar-benar ia perlukan adalah log2(n), di mana n adalah jumlah kemungkinan angka yang ditebak.

3. Strategi pencarian seperti apa yang kalian lakukan untuk menebak sesedikit mungkin?

Jawaban: Strategi pencarian yang tepat untuk menebak sesedikit mungkin adalah dengan menggunakan metode pencarian biner atau binary search.

4. Apakah strategi kalian berbeda dengan strategi yang dilakukan teman kalian? Jika berbeda, apa perbedaannya?

Jawaban: Strategi yang digunakan bisa berbeda tergantung pada metode pencarian yang dipilih. Perbedaannya mungkin terletak pada cara membagi rentang angka yang mungkin.

5. Strategi paling bagus apa yang dapat kalian temukan untuk menemukan angka dengan jumlah tebakan paling sedikit?

Jawaban: Strategi paling bagus untuk menemukan angka dengan jumlah tebakan paling sedikit adalah dengan menggunakan metode binary search.

6. Adakah cara lain untuk "mencari" angka yang ditebak?

Jawaban: Cara lain untuk "mencari" angka yang ditebak bisa melibatkan strategi pencarian lain seperti sequential search atau interpolasi search, tetapi binary search umumnya merupakan yang paling efisien.

Baca Juga: Materi yang Dipelajari dalam Informatika, Materi Informatika Kelas X

Nah, demikian pembahasan soal Ayo Berdiskusi Bab 2: "Berpikir Komputasional", Informatika kelas X Kurikulum Merdeka.

Tonton video ini, yuk!