Contoh Hubungan antara Pancasila dan UUD NRI Tahun 1945, Materi PPKn Kelas X

By Rizky Amalia, Rabu, 14 Agustus 2024 | 08:00 WIB
Pancasila berfungsi sebagai dasar dan ideologi yang menjadi pedoman dalam setiap aspek kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia. (@freepik)

adjar.id - Seperti apa contoh hubungan antara Pancasila dengan UUD NRI Tahun 1945?

Kali ini kita akan mempelajari tentang contoh hubungan antara Pancasila dengan UUD NRI Tahun 1945, materi PPKn kelas X Kurikulum Merdeka.

Pancasila adalah ideologi dasar bagi negara Indonesia yang dirumuskan oleh para pendiri bangsa sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa.

Pancasila terdiri dari lima sila, yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan, dan Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

Pancasila berfungsi sebagai dasar dan ideologi yang menjadi pedoman dalam setiap aspek kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia.

Sebagai dasar negara, Pancasila tidak hanya mencerminkan nilai-nilai yang dijunjung tinggi oleh masyarakat Indonesia, tetapi juga menjadi landasan bagi peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia, termasuk UUD NRI Tahun 1945.

UUD NRI Tahun 1945 adalah konstitusi tertulis yang menjadi dasar hukum tertinggi di Indonesia.

UUD NRI Tahun 1945 mengatur tentang pembagian kekuasaan, hak dan kewajiban warga negara, serta hubungan antara lembaga-lembaga negara.

Sebagai konstitusi, UUD NRI Tahun 1945 juga menjadi acuan utama dalam pembuatan peraturan perundang-undangan dan pelaksanaan pemerintahan.

Nah, UUD NRI Tahun 1945 tidak hanya menjadi pedoman dalam penyelenggaraan negara, tetapi juga menjamin hak-hak dasar warga negara serta mengatur kewajiban-kewajiban negara terhadap warga negaranya.

Dalam UUD NRI Tahun 1945, Pancasila tercantum dalam pembukaan sebagai dasar filsafat negara, yang berarti bahwa seluruh isi dan semangat dari UUD NRI Tahun 1945 harus sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

Baca Juga: Bagaimana Kedudukan dan Hubungan antara Pancasila dan UUD NRI Tahun 1945?, Materi PPKn Kelas X