Jawab Soal Teks Biografi 'Biografi Ki Hadjar Dewantara: Bapak Pendidikan Indonesia', Bahasa Indonesia Kelas X

By Rizky Amalia, Selasa, 30 Juli 2024 | 10:00 WIB
(tangkapan layar) Terdapat soal teks biografi 'Biografi Ki Hadjar Dewantara: Bapak Pendidikan Indonesia' di halaman 122-123. (kemdikbud.go.id)

adjar.id - Kali ini kita akan membahas soal pada buku Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia kelas X Kurikulum Merdeka. Terdapat soal teks biografi "Biografi Ki Hadjar Dewantara: Bapak Pendidikan Indonesia" di halaman 122-123.

Nah, soal teks biografi "Biografi Ki Hadjar Dewantara: Bapak Pendidikan Indonesia" terdiri dari 10 pertanyaan.

Sebelum mengerjakan soal yang tersedia, kita bisa menyimak teks biografi "Biografi Ki Hadjar Dewantara: Bapak Pendidikan Indonesia" terlebih dahulu.

Kata biografi secara harfiah berakar dari bahasa Yunani, yaitu kata bios yang bermakna hidup dan kata graphein yang artinya tulis.

Biografi merupakan sebuah tulisan yang isinya memaparkan tentang kisah kehidupan seseorang yang ditulis oleh orang lain.

Umumnya, biografi berisi tulisan yang memaparkan riwayat kehidupan seseorang berdasarkan fakta, data, dan peristiwa atau kejadian yang dialami.

Simak pembahasan soal teks biografi "Biografi Ki Hadjar Dewantara: Bapak Pendidikan Indonesia", bahasa Indonesia kelas X berikut ini, yuk!

Pembahasan Soal Teks Biografi "Biografi Ki Hadjar Dewantara: Bapak Pendidikan Indonesia"

Instruksi: Setelah menyimak teks biografi tersebut, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.

1. Ki Hadjar Dewantara tidak lagi menggunakan gelar kebangsawanan dan nama pemberian orang tuanya agar dapat bebas dekat dengan rakyat, baik secara fisik maupun hatinya. Jelaskan apa yang dimaksud dapat bebas dekat dengan rakyat, baik secara fisik maupun hatinya dalam teks tersebut!

Baca Juga: Jawab Soal Kegiatan 1 Tabel 4.12 Isian Perbedaan Kedua Teks, Bahasa Indonesia Kelas X

Jawaban: Maksud dari bebas dekat dengan rakyat, baik secara fisik maupun hatinya, yaitu berkaitan dengan status bangsawan dari Ki Hadjar Dewantara.