Hari Kebaya Nasional Diperingati Setiap 24 Juli, Ini Makna Filosofi Baju Kebaya

By Rizky Amalia, Rabu, 24 Juli 2024 | 13:00 WIB
Hari Kebaya Nasional diperingati pada tanggal 24 Juli setiap tahunnya. (public domain)

adjar.id - Hari Kebaya Nasional diperingati pada tanggal 24 Juli setiap tahunnya.

Nah, Hari Kebaya Nasional 2024 jatuh pada hari Rabu, 24 Juli 2024.

Penetapan Hari Kebaya Nasional 2024 dimuat dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 19 Tahun 2023 tentang Hari Kebaya Nasional.

Awal mula penetapan Hari Kebaya Nasional berasal dari ide Komunitas Perempuan Berkebaya Indonesia yang disetujui oleh Kementerian Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK).

Alasan persetujuan penetapan Hari Kebaya Nasional menumbuhkan rasa nasionalisme masyarakat Indonesia, terutama perempuan.

Kebaya juga tidak bersifat kedaerahan dan terdapat di seluruh penjuru Nusantara, Adjarian.

Istilah kebaya berasal dari kata abaya dalam bahasa Arab yang berarti pakaian atau jubah. Kebaya adalah baju perempuan bagian atas, berlengan panjang, dan dipakai dengan kain panjang.

Kebaya berkembang menjadi busana yang digunakan secara nasional dalam berbagai kegiatan baik yang berskala nasional maupun internasional.

Salah satu cara untuk memperingati Hari Kebaya Nasional adalah dengan menggunakan kebaya saat peringatan dan berbagai kesempatan lain.

Selain itu juga bisa dengan berpartisipasi dalam berbagai cabang lomba yang diadakan untuk memperingati Hari Kebaya Nasional.

Baca Juga: Mengenal Sejarah Pakaian Kebaya sebagai Identitas Bangsa Indonesia

Memperingati Hari Kebaya Nasional bisa dilakukan dengan mencari informasi tentang makna filosofi kebaya.