Jawab Soal Latih Uji Kompetensi Bab 7: C. Nilai-Nilai Kejuangan Masa Revolusi, Sejarah Kelas XI

By Rizky Amalia, Kamis, 27 Juni 2024 | 09:00 WIB
(tangkapan layar) Soal Latih Uji Kompetensi Bab 7: 'C. Nilai-Nilai Kejuangan Masa Revolusi' terdiri atas tiga pertanyaan esai. (kemdikbud.go.id)

adjar.id - Kali ini kita akan membahas soal yang terdapat pada buku Sejarah kelas XI.

Soal Latih Uji Kompetensi Bab 7: "C. Nilai-Nilai Kejuangan Masa Revolusi" terdapat pada buku Sejarah kelas XI di halaman 212.

Nah, soal Latih Uji Kompetensi Bab 7: "C. Nilai-Nilai Kejuangan Masa Revolusi" terdiri atas tiga pertanyaan esai.

Sebelum membahas soal Latih Uji Kompetensi Bab 7: "C. Nilai-Nilai Kejuangan Masa Revolusi" kita dapat mempelajari materinya terlebih dahulu.

Setelah proklamasi kemerdekaan bangsa Indonesia masih harus menghadapi perjuangan mempertahankan kemerdekaan dan mencapai kedaulatan penuh.

Bangsa Indonesia tidak patah semangat untuk mempertahankan kemerdekaan. Perjuangan dilakukan dengan cara damai maupun bersenjata.

Perjuangan bangsa Indonesia memperoleh kedaulatan berhasil dengan diperolehnya pengakuan kedaulatan oleh Belanda pada akhir tahun 1949.

Banyak tokoh terlibat dalam proses perjuangan memperoleh kedaulatan negara Indonesia.

Dengan cara yang berbeda-beda, para tokoh menunjukkan suri tauladan yang patut ditiru generasi sekarang dan yang akan datang.

Yuk, simak informasi di bawah ini untuk mengetahui pembahasan soal Latih Uji Kompetensi Bab 7: "C. Nilai-Nilai Kejuangan Masa Revolusi" materi Sejarah kelas XI!

Pembahasan Soal Latih Uji Kompetensi Bab 7: C

Baca Juga: Jawab Soal Latih Uji Kompetensi Bab 7: B. Antara Perang dan Diplomasi, Sejarah Kelas XI

1. Sebutkan tiga tokoh yang sangat berkesan dalam pikiranmu, kemudian tuliskan peranan tokoh tersebut dalam perjuangan revolusi kemerdekaan. Nilai-nilai apa yang pantas ditiru dari tokoh tersebut? Jelaskan alasanmu!

(tangkapan layar) Pembahasan soal Latih Uji Kompetensi Bab 7: 'C. Nilai-Nilai Kejuangan Masa Revolusi' materi Sejarah kelas XI. (kemdikbud.go.id)

Jawaban: Di bawah ini merupakan tiga tokoh yang sangat berkesan serta peranannya, yaitu:

- Ir. Soekarno

Ir. Soekarno berperan dalam memperjuangkan dan mempersiapkan kemerdekaan, seperti merumuskan Pancasila, UUD 1945, dan dasar-dasar pemerintahan Indonesia termasuk merumuskan naskah proklamasi kemerdekaan.

Nilai-nilai yang pantas ditiru dari Soekarno, yaitu rela berkorban dan memiliki rasa nasionalisme tinggi.

- Jenderal Sudirman

Jenderal Sudirman berperan dalam memimpin perang gerilya, melucuti senjata Jepang, memimpin Pertempuran Ambarawa, melakukan reorganisasi Tentara Keamanan Rakyat dan melakukan rasionalisasi Tentara

Nasional Indonesia. Sikap yang pantas ditiru dari Jenderal Sudirman adalah pemimpin, guru, selalu taat kepada pemimpin bangsa, religius dan tidak pernah takut dan gentar sedikitpun akan kekuatan asing.

- Ahmad Subarjo

Ahmad Subarjo secara langsung berperan aktif mempersiapkan kemerdekaan Indonesia dalam BPUPKI, merumuskan UUD dasar bersama panitia 9, menengahi konflik pada peristiwa Rengasdengklok, dan merumuskan teks proklamasi bersama Sukarno dan Hatta Nilai-nilai yang pantas ditiru dari Ahmad Subarjo adalah rela berkorban dan sikap bijaksana.

Baca Juga: Jawab Soal Latih Uji Kompetensi Bab 7: A. Tantangan Awal Kemerdekaan, Sejarah Kelas XI

2. Nilai-nilai kejuangan para tokoh revolusi kemerdekaan masih relevan diterapkan pada kehidupan sekarang dan yang akan datang? Pilihlah tiga nilai yang dapat diamalkan pada kehidupan siswa dan pemuda pada masa sekarang!

Jawaban: Iya, nilai-nilai kejuangan para tokoh revolusi kemerdekaan masih relevan untuk diterapkan pada kehidupan sekarang dan yang akan datang.

Di bawah ini adalah nilai yang dapat diamalkan pada kehidupan siswa dan pemuda pada masa sekarang, antara lain:

- Persatuan dan kesatuan saat ini masih sangat relevan untuk menghadapi permasalahan di masa depan.

- Kekompakan inilah yang bisa terus dilaksanakan untuk kehidupan siswa dan pemuda di masa sekarang.

Misalnya dengan membantu dan menghormati orang lain tanpa membedakan suku, agama, dan ras.

- Rela berkorban dan tanpa pamrih, seperti mengikuti kegiatan sosial di lingkungan rumah dengan maksimal.

- Anak muda juga bisa mewujudkan cinta pada tanah air dengan menggunakan produk-produk buatan Indonesia.

3. Buatlah suatu rencana kegiatan berkelompok yang mungkin kamu lakukan untuk mengamalkan nilai-nilai perjuangan revolusi kemerdekaan!

Jawaban: Berikut ini contoh kegiatan berkelompok yang memungkinkan kita lakukan untuk mengamalkan nilai-nilai perjuangan revolusi kemerdekaan, antara lain"

- Bergotong-royong membersihkan lingkungan.

Baca Juga: Jawab Soal Latih Ulangan Akhir Bab 6: C. Proklamator dan Peran Para Tokoh Sekitar Proklamasi, Sejarah Kelas XI

- Aktif mengikuti kegiatan sosial di sekitar rumah.

- Membuat kegiatan amal bersama.

Demikian informasi tentang pembahasan soal Uji Latih Kompetensi Bab 7: "C. Nilai-Nilai Kejuangan Masa Revolusi" materi Sejarah kelas XI.

Tonton video ini, yuk!