6 Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Pembacaan Puisi, Materi Bahasa Indonesia Kelas X

By Rizky Amalia, Jumat, 21 Juni 2024 | 13:00 WIB
Pembacaan puisi termasuk salah satu upaya mengapresiasi karya sastra puisi serta bertujuan memahami dan mengkaji puisi lebih dalam. (Andrea Piacquadio)

adjar.id - Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengapresiasi karya sastra puisi, salah satunya dengan pembacaan puisi.

Membaca puisi tidak sama dengan membaca karya sastra lainnya.

O iya, membaca puisi untuk sendiri tentu berbeda dengan membacakan puisi untuk orang lain. Alasannya karena membaca puisi untuk diri sendiri dapat dilakukan dengan cara membaca hening dalam hati.

Pengertian pembacaan puisi, yaitu salah satu cara mengapresiasi karya sastra puisi yang bertujuan untuk memahami dan mengkaji puisi lebih dalam.

Adapun membacakan puisi untuk orang lain merupakan upaya menyampaikan makna dan perasaan yang terkandung dalam puisi.

Oleh karena itu, pembacaan puisi tersebut tentu harus terlebih dulu memperhatikan makna dan maksud puisi yang sebenarnya.

Pemahaman dan penghayatan akan memengaruhi bagaimana kalian menampilkan ekspresi wajah, sikap, dan gerak tubuh.

Setelah mampu memahami dan menghayati makna puisi, selanjutnya kalian dapat menentukan metode dan teknik pembacaan yang sesuai.

Metode dan teknik pembacaan puisi mencakup pengaturan ekspresi/mimik wajah, gerak tubuh (gesture), dan aspek suara (jeda, lafal, intonasi, dan tekanan).

Simak informasi di bawah ini untuk mengetahui apa saja hal-hal yang perlu diperhatikan saat pembacaan puisi.

"Pembacaan puisi termasuk salah satu upaya mengapresiasi karya sastra puisi serta bertujuan memahami dan mengkaji puisi lebih dalam."

Baca Juga: 3 Teknik yang Bisa Digunakan untuk Mendukung Pembacaan Puisi