Jawab Soal Uji Pemahaman Unit 1 Bagian 4: Paham Kebangsaan, Nasionalisme, dan Menjaga NKRI, PPKn Kelas X

By Rizky Amalia, Jumat, 21 Juni 2024 | 12:00 WIB
(tangkapan layar) Soal Uji Pemahaman Unit 1 Bagian 4: 'Paham Kebangsaan, Nasionalisme, dan Menjaga NKRI' terdiri atas lima pertanyaan esai. (kemdikbud.go.id)

adjar.id - Pada artikel ini kita akan membahas soal yang terdapat pada buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) kelas X.

Nah, buku PPKn kelas X terdapat soal Uji Pemahaman Unit 1 Bagian 4: "Paham Kebangsaan, Nasionalisme, dan Menjaga NKRI" di halaman 178.

Soal Uji Pemahaman Unit 1 Bagian 4: "Paham Kebangsaan, Nasionalisme, dan Menjaga NKRI" terdiri atas lima pertanyaan esai.

Sebelum membahas soal Unit 1 Bagian 4, kita dapat mempelajari materi "Paham Kebangsaan, Nasionalisme, dan Menjaga NKRI" terlebih dahulu.

Materi "Paham Kebangsaan, Nasionalisme, dan Menjaga NKRI" mempelajari tentang arti bangsa atau kebangsaan di Indonesia telah dirumuskan oleh the founding fathers sejak sebelum Indonesia mendeklarasikan kemerdekaan, 17Agustus 1945.

Suatu bangsa atau kebangsaan itu tidak berdasarkan satu daerah tertentu, Jawa misalnya, tetapi mencakup semua pulau, semua etnis, dalam teritorial Indonesia.

Ini menjadi landasan pentingnya persatuan Indonesia, mencintai dan turut menjaga keutuhan NKRI.

Pemahaman yang substansial terhadap makna kebangsaan, mengantarkan pada sikap nasionalisme yang menghendaki rasa ingin bersatu, persatuan perangai, dan nasib.

Selain itu, paham kebangsaan dibangun berdasarkan semangat kebersamaan yang tidak hanya pada satu wilayah atau daerah tertentu, tetapi mencakup keseluruhan daerah, apalagi bangsa Indonesia dikenal sebagai negara kepulauan.

Yuk, simak informasi di bawah ini untuk mengetahui pembahasan soal Uji Pemahaman Unit 1 Bagian 4: "Paham Kebangsaan, Nasionalisme, dan Menjaga NKRI" materi PPKn kelas X!

Pembahasan Soal Uji Pemahaman Unit 1 Bagian 4

Baca Juga: Jawab Soal Uji Pemahaman Unit 5 Bagian 3: Belajar dari Kekayaan Tradisi, PPKn Kelas X