3 Manfaat Sumber Sejarah bagi Penelitian Sejarah, Materi Sejarah Kelas X

By Rizky Amalia, Rabu, 5 Juni 2024 | 11:00 WIB
Dalam melakukan penelitian sejarah kita juga akan mengenal sumber-sumber sejarah. (Archelaos Bantalakis)

adjar.id - Apa yang Adjarian ketahui tentang sumber sejarah? Nah, kali ini kita akan mempelajari manfaat sumber sejarah dalam penelitian sejarah.

Kajian ilmu sejarah bukan mitos melainkan berupa peristiwa nyata yang terjadi pada masa lampau.

Penelitian merupakan kegiatan atau usaha untuk menemukan, mengungkap, menginvestigasi, dan menganalisis suatu fenomena atau kejadian dengan prosedur ilmiah.

Nah, ketika sedang melakukan penelitian, kita berusaha mengumpulkan beragam sumber untuk memperoleh data serta mengolah dan menganalisis data sehingga dapat menjadi laporan penelitian.

Ada empat metode yang digunakan dalam melakukan penelitian sejarah, yakni heuristik, kritik dan verifikasi, interpretasi, serta historiografi.

O iya, dalam melakukan penelitian sejarah kita juga akan mengenal sumber-sumber sejarah.

Sumber sejarah atau data sejarah digunakan untuk menyusun kembali peristiwa yang telah terjadi di masa lampau.

Informasi dalam sumber sejarah dapat berupa keterangan di mana peristiwa itu terjadi, kapan terjadi, bagaimana peristiwa itu bisa terjadi, dan siapa pelakunya.

Maka dari itu, sumber sejarah dipahami sebagai sebuah informasi yang dapat dijadikan petunjuk untuk menyusun kembali peristiwa atau kejadian di masa lampau.

Yuk, kita pelajari sama-sama manfaat sumber sejarah dalam penelitian sejarah!

"Sumber sejarah memiliki bagian penting dalam penelitian sejarah karena berfungsi menyusun kembali kejadian atau peristiwa di masa lampau."

Baca Juga: 2 Jenis Sumber Sejarah Lisan, Materi Sejarah Kelas VII Kurikulum Merdeka