Jawab Soal Uji Pemahaman Unit 2 Bab 2: Pengenalan Norma dalam Kehidupan Sehari-hari, PPKn Kelas X

By Rizky Amalia, Selasa, 21 Mei 2024 | 11:00 WIB
(tangkapan layar) Soal Uji Pehamahan Unit 2 Bab 2 terdapat pada buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kelas X halaman 81-82. (kemdikbud.go.id)

adjar.id - Pada artikel ini kita akan membahas soal Uji Pemahaman Unit 2 Bab 2 "Pengenalan Norma dalam Kehidupan Sehari-hari".

Soal Uji Pemahaman Unit 2 Bab 2 "Pengenalan Norma dalam Kehidupan Sehari-hari" terdapat pada buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kelas X halaman 81-82.

Unit 2 Bab 2: "Pengenalan Norma dalam Kehidupan Sehari-hari" adalah mempelajari norma dan menerapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Norma diperlukan agar interaksi antarmanusia dapat berjalan dengan baik, saling menghormati, saling memberi, tolong menolong dalam kebajikan, dan menyayangi.

Secara etimologi kata norma berasal dari bahasa Belanda, yaitu norm dan dari bahasa Latin mos.

Arti kata norm adalah pedoman, patokan, atau pokok kaidah. Sementara arti kata mos dalam bahasa latin memiliki arti adat istiadat, kebiasaan, atau tata kelakuan.

Pengertian norma, yaitu pedoman atau aturan hidup yang mengikat yang berperan untuk mencegah konflik dan perpecahan pada lingkungan tersebut.

Dikarenakan bersifat mengikat, maka norma harus dipatuhi oleh semua warga masyarakat, Adjarian.

Bagi yang tidak mematuhi norma, dapat dikenai hukuman atau sanksi.

Sanksi tersebut dapat berupa bermacam-macam bentuknya, bisa berat atau ringan sesuai dengan kesepakatan masyarakat.

Simak informasi di bawah ini untuk mengetahui pembahasan soal Uji Pemahaman Unit 2 Bab 2: "Pengenalan Norma dalam Kehidupan Sehari-hari", materi PPKn kelas X.

Baca Juga: Jawab Soal Uji Pemahaman Unit 1 Bab 2: