Jawab Soal Uji Pemahaman Bagian 1: Pancasila PPKn Kelas XI

By Rizky Amalia, Rabu, 8 Mei 2024 | 07:00 WIB
Mr. Mohammad Yamin, Prof. Mr. Soepomo, dan Ir. Soekarno merupakan tokoh-tokoh yang merumuskan Pancasila sebagai dasar negara Indonesia yang mengandung toleransi. (Pixabay/milaoktasafitri)

adjar.id - Pada artikel ini kita akan membahas soal Uji Pemahaman Bagian 1: Pancasila.

Uji Pemahaman Bagian 1 terdapat pada buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan halaman 28 pada materi PPKn kelas XI Kurikulum Merdeka, ya.

Berdasarkan buku materi tersebut, Adjarian diperintahkan untuk mengerjakan enam pertanyaan setelah mempelajari Bagian 1 tentang peta pemikiran para pendiri bangsa tentang rumusan dasar negara dan isi Pancasila, serta hubungan agama dan negara.

Negara Indonesia memiliki dasar dan ideologi negara, yaitu Pancasila.

Sila-sila dalam Pancasila saling berkaitan satu sama lain dan diwujudkan dalam segala bentuk kehidupan rakyat Indonesia, Adjarian.

Pancasila lahir pada tanggal 1 Juni 1945 yang ditetapkan pada 18 Agustus 1945 bersama-sama dengan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945.

Mr. Mohammad Yamin, Prof. Mr. Soepomo, dan Ir. Soekarno merupakan tokoh-tokoh yang merumuskan Pancasila sebagai dasar negara Indonesia yang mengandung toleransi.

Simak informasi di bawah ini untuk mengetahui pembahasan soal Uji Pemahaman halaman 28, materi PPKn kelas XI Kurikulum Merdeka.

Pembahasan Soal Uji Pemahaman Bagian 1: Pancasila

a. Apakah yang menjadi persamaan pemikiran para pendiri bangsa mengenai dasar negara Indonesia?

Jawaban: Persamaan dari pemikiran para pendiri bangsa mengenai dasar negara Indonesia adalah tujuan rumusan dasar negara sebagai dasar hukum bagi sistem pemerintahan dan negara Indonesia.

Baca Juga: 5 Hubungan antara Hak dan Kewajiban Asasi Manusia dalam Pancasila, Materi PPKn Kelas XI