Jawab Soal Asesmen tentang Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Nomor 1-5, Materi Sejarah Kelas XII Kurikulum Merdeka

By Nabil Adlani, Senin, 27 November 2023 | 16:00 WIB
Bangsa Indonesia masih harus berjuang mempertahankan kemerdekaan setelah proklamasi kemerdekaan. (pexels/Irgi Nur Fadil)

adjar.id - Pada buku Sejarah kelas XII Kurikulum Merdeka, terdapat soal Asesmen di halaman 62 bab 1.

Dalam soal tersebut, kita diminta untuk menjawab pertanyaan pilihan ganda tentang perjuangan mempertahankan kemerdekaan.

Nah, kali ini kita akan menyimak pembahasan soal tersebut, Adjarian.

Perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia merupakan salah satu babak heroik dalam sejarah bangsa Indonesia.

Proses ini terjadi setelah proklamasi kemerdekaan pada 17 Agustus 1945.

Nah, perjuangan mempertahankan kemerdekaan dilakukan dengan beragam cara, seperti peperangan dan diplomasi.

Perjuangan mempertahankan kemerdekaan ini terjadi setelah Belanda datang dan ingin menguasai Indonesia lagi.

Yuk, simak pembahasan soal Asesmen tentang perjuangan mempertahankan kemerdekaan berikut ini untuk referensi!

Asesmen tentang Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan

1. Perhatikan potongan surat kabar Asia Raya pada tanggal 18 Agustus 1945 berikut!

Sumber sejarah dari surat kabar Asia Raya tentang pengesahan Undang-Undang Dasar. (Tangkapan layar buku Sejarah kelas XII Kurikulum Merdeka)

Baca Juga: Peran Pelajar dan Mahasiswa dalam Revolusi Nasional, Materi Sejarah Kelas XII Kurikulum Merdeka

Konvensi Montevideo pada tahun 1933 mengatur tentang syarat diakuinya sebuah negara dalam hubungan internasional.

Potongan sumber sejarah di atas menunjukkan terpenuhinya salah satu syarat diakuinya Indonesia sebagai sebuah negara, yaitu ...

a. Memiliki konstitusi

b. Memiliki pemerintahan

c. Memiliki kepala negara

d. Memiliki rencana pembangunan

e. Memiliki lembaga perwakilan rakyat

Jawaban: b. Memiliki pemerintahan

2. Perhatikan foto dan keterangan berikut dari Arsip Nasional Republik Indonesia!

Potret perundingan Indonesia-Belanda. (Tangkapan layar buku Sejarah kelas XII Kurikulum Merdeka)

Perundingan Indonesia-Belanda di rumah konsul Inggris di bawah pimpinan Lord Killearn pada tanggal 7 Oktober 1946.

Baca Juga: Bentuk Pergolakan di Awal Revolusi Indonesia, Materi Sejarah Kelas XII Kurikulum Merdeka

Pada tanggal 7 Oktober 1946, Konsulat Jenderal Inggris Lord Killearn memimpin perundingan antara Indonesia dan belanda di Gedung Konsulat Inggris di Jakarta.

Delegasi Indonesia diketuai oleh Perdana Menteri Mr. Soetan Sjahrir, sedangkan Delegasi Belanda diketuai oleh Prof. Schermerhorn.

Dalam perundingan ini, genjatan senjata yang gagas dalam perundingan tanggal 30 September 1946, disetujui untuk dibicarakan lebih lanjut dalam tingkat panitia yang juga diketuai oleh Lord Kollearn.

Tampak Konsul Jenderal Inggris Lord Killearn sedang memberikan sambutan.

Delegasi Belanda duduk di sebelah kiri, tampak dua dari kiri: M van Poll, Dr. HJ van Moor, Prof. Schermerhorn.

Delegasi Indonesia duduk di sebelah kanan, tampak Mr. Soetan Sjahrir, Mr. Moh. Roem, dan Mr. Soetanto Tirtoprodjo.

Foto dan kutipan teks dari ANRI di atas menunjukkan peran penting Inggris dalam perundingan awal antara Indonesia dan belanda, yaitu ...

a. Sebagai mediator yang mendorong penyelesaian damai untuk mengakhiri konflik

b. Sebagai penyedia lokasi perundingan damai antara Indonesia dan Belanda

c. Sebagai perwakilan PBB untuk menyelesaikan konflik Indonesia dan Belanda

d. Sebagai pendukung Belanda dalam mengembalikan kekuasaan kolonialnya

Baca Juga: Organisasi Pergerakan Perempuan di Indonesia, Materi Sejarah Kelas XII Kurikulum Merdeka

e. Sebagai pendukung perjuangan Indonesia mempertahankan kemerdekaan

Jawaban: a. Sebagai mediator yang mendorong penyelesaian damai untuk mengakhiri konflik

3. Saat Agresi Militer Belanda II tanggal 19 Desember 1948, presiden, wakil presiden, dan beberapa anggota kabinet memutuskan untuk tetap tinggal di Yogyakarta.

SEBAB

TNI meneruskan perjuangan gerilya di bawah pimpinan Panglima Besar Jenderal Sudirman.

Pilihlah:

a. Jika pernyataan benar, alasan benar, dan keduanya menunjukkan hubungan sebab akibat.

b. Jika pernyataan benar dan alasan benar, tetapi kedua tidak menunjukkan hubungan sebab akibat.

c. Jika pernyataan benar dan alasan salah

d. Jika pernyataan salah dan alasan benar

e. Jika pernyataan dan alasan, keduanya salah

Baca Juga: Materi TWK CPNS, Beberapa Perjanjian Bersejarah bagi Bangsa Indonesia

Jawaban: b. Jika pernyataan benar dan alasan benar, tetapi kedua tidak menunjukkan hubungan sebab akibat.

4. Hingga awal Mei 1950 masih ada beberapa negara bagian RIS yang belum bergabung dengan RI, yaitu:

(1) Negara Sumatra Timur

(2) Negara Pasundan

(3) Negara Indonesia Timur

(4) Negara Jawa Timur

Pilihlah:

a. Jika (1), (2), dan (3) yang benar

b. Jika (1) dan (3) yang benar

c. Jika (2) dan (4) yang benar

d. Jika hanya (4) saja yang benar

Baca Juga: Kesadaran Bela Negara dalam Sistem Pertahanan dan Keamanan Negara

e. Jika semua jawaban benar

Jawaban: b. Jika (1) dan (3) yang benar

5. Para seniman memiliki peran penting dalam sejarah revolusi kemerdekaan

SEBAB

Mereka merekam situasi kehidupan selama periode revolusi melalui berbagai karya seni yang dihasilkan.

Pilihlah

a. Jika pernyataan benar, alasan benar, dan keduanya menunjukkan hubungan sebab akibat.

b. Jika pernyataan benar dan alasan benar, tetapi kedua tidak menunjukkan hubungan sebab akibat.

c. Jika pernyataan benar dan alasan salah

d. Jika pernyataan salah dan alasan benar

e. Jika pernyataan dan alasan, keduanya salah

Baca Juga: Perjuangan-Perjuangan Diplomasi Kemerdekaan Bangsa Indonesia

Jawaban: a. Jika pernyataan benar, alasan benar, dan keduanya menunjukkan hubungan sebab akibat.

Itu tadi pembahasan soal Asesmen tentang perjuangan mempertahankan kemerdekaan.

---

Sumber: Buku Sejarah untuk SMA/MA Kelas XII karya Martina Safitri, dkk., Kemdikbudristek Tahun 2022.