6 Unsur Pembentuk Iklan

By Mumtahanah Kurniawati, Minggu, 30 Juli 2023 | 13:00 WIB
Terdapat beberapa unsur pembentuk iklan. (Freepik)

adjar.id - Iklan sangat mudah kita temukan dalam kehidupan sehari-hari.

Menurut KBBIiklan berarti berita pesanan untuk mendorong, membujuk khalayak ramai agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan.

Selain itu, iklan juga diartikan sebagai pemberitahuan kepada khalayak mengenai barang atau jasa yang dijual, dipasang di dalam media massa (seperti surat kabar dan majalah) atau di tempat umum.

Sebuah iklan dibentuk atas beberapa unsur, Adjarian. Apa saja, ya?

Nah, berikut unsur-unsur pembentuk iklan.

"Iklan merupakan media untuk memberitahukan dan menawarkan suatu barang atau jasa."

Unsur-Unsur Pembentuk Iklan

1. Sumber

Sumber iklan bisa dikatakan sebagai dasar dalam pembuatan iklan.

Untuk membuat sebuah iklan perlu ada sumbernya, seperti pihak yang ingin membuat iklan, dana untuk produksi hingga pemasangan iklan, dan tim kreatif.

2. Pesan

Dalam sebuah iklan pasti ada pesan yang ingin disampaikan yang telah disesuaikan dengan tujuan pembuatan iklan.

Baca Juga: 4 Langkah Membuat Iklan, Materi Bahasa Indonesia Kelas 8 Kurikulum Merdeka