4 Langkah Membuat Iklan, Materi Bahasa Indonesia Kelas 8 Kurikulum Merdeka

By Mumtahanah Kurniawati, Kamis, 6 Juli 2023 | 14:00 WIB
Iklan dibuat untuk mempromosikan suatu barang atau jasa. (pixabay)

Adjar.id - Di sekitar kita ada banyak iklan.

Adjarian mungkin juga sering melihat iklan, entah itu di televisi, poster, baliho yang ada di jalan-jalan, bahkan di koran atau majalah yang kita baca.

Iklan-iklan tersebut bertujuan untuk mempromosikan, membujuk, dan mengingatkan calon pembeli tentang produk yang diiklankan.

Nah, dalam membuat iklan, dibutuhkan para pekerja profesional yang memiliki kreativitas dalam memproses iklan sehingga dapat menjadi iklan efektif.

Iklan yang efektif adalah iklan yang berhasil menarik perhatian calon pembeli atau bisa kita sebut konsumen.

Untuk menarik perhatian konsumen, kita perlu memperhatikan tampilan iklan.

Tampilan iklan, baik gambar maupun teks harus sesuai dengan keadaan target konsumen.

Contohnya, iklan permen susu yang memiliki target konsumen anak-anak, maka gambar dalam iklan baiknya dibuat terlihat warna-warni dan tampak menyenangkan bagi anak-anak. 

Nah, lalu bagaimana cara membuat iklan agar efektif mempengaruhi konsumen?

Berikut adalah langkah-langkah membuat iklan. Simak, yuk!

"Tujuan iklan adalah untuk mempromosikan, membujuk, dan mengingatkan. Hal ini bisa di capai dengan iklan yang efektif."

Baca Juga: Cara Menentukan Kata Kunci Iklan serta Fungsi dari Kata Kunci

Langkah Membuat Iklan

1. Identifikasi Keunggulan Produk

Salah satu alasan utama seseorang membeli sebuah produk yang diiklankan adalah karena adanya keunggulan tertentu dari produk tersebut.

Nah, jadi, jika ingin membuat iklan kita harus mengenali dan memahami keunggulan dari produk yang akan kita iklankan, yang kemudian akan ditampilkan dalam iklan.

2. Menentukan Target Konsumen

Untuk dapat membuat iklan yang efektif, kita perlu untuk mengenali konsumen kita.

Hal ini dilakukan untuk menyesuaikan iklan seperti apa yang cocok dengan target konsumen.

Jika sudah menentukan target konsumen, kita bisa merancang kalimat-kalimat iklan kita sesuai dengan konsumen yang dituju.

3. Menentukan Unsur-Unsur Dalam Iklan

Iklan memiliki empat unsur, yaitu tulisan, gambar, suara, dan gerak.

Namun, jika kita akan membuat iklan cetak, unsur yang perlu ada dalam iklan kita hanya tulisan dan gambar.

Baca Juga: Jawab Soal Seputar Iklan, Buku Bahasa Indonesia Kurikulum Merdeka Kelas VIII

4. Menentukan Pesan yang Akan ditampilkan dalam Iklan

Pesan dalam iklan ditampilkan melalui kata dan gambar.

Sebelum membuat iklan, penting untuk kita menentukan terlebih dahulu pesan seperti apa yang ingin kita sampaikan melalui iklan.

"Langkah membuat iklan antara lain, mengidentifkasi keunggulan produk, menentukan target konsumen, menentukan unsur-unsur dalam iklan, dan menentukan pesan yang akan ditampilkan dalam iklan."

Oke, itulah langkah-langkah dalam membuat iklan, Adjarian.

Iklan yang kreatif akan menjadikan iklan tersebut efektif.

Sebab, dengan tampilan yang menarik, maka pesan yang terkandung dalam iklan akan dapat mempengaruhi konsumen.

 

Coba Jawab!
Apa tujuan dari iklan?
Petunjuk: Cek halaman 1.

---

Sumber: Buku Bahasa Indonesia SMP Kelas VIII Karya Maya Lestari Gusfitri dan Elly Delfia.

Tonton ini juga, yuk!