Klasifikasi Ordo Kesesuaian Lahan dalam Ilmu Geografi

By Nabil Adlani, Kamis, 8 Juni 2023 | 15:00 WIB
Ordo kesesuaian lahan terbagi ke dalam dua bentuk, yaitu ordo S dan Ordo N. (pexels/Magda Ehlers)

adjar.id - Dalam ilmu geografi, ada persyaratan tumbuh suatu jenis tanaman tertentu pada suatu lahan yang salah satunya adalah ordo.

Ordo adalah menunjukkan jenis atau macam kesesuaian atau keadaan secara umum, Adjarian.

Sementara ordo kesesuaian lahan merupakan suatu konsep yang digunakan untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi kesesuaian lahan untuk penggunaan tertentu.

Hal ini melibatkan proses sistematis dalam menilai dan memilih tindakan terbaik yang dapat dilakukan pada lahan berdasarkan kondisi fisik dan biologisnya.

Tujuan dari ordo kesesuaian lahan adalah untuk membantu pengambil keputusan dalam perencanaan penggunaan lahan yang berkelanjutan dan efektif.

Proses ini melibatkan penilaian berbagai faktor, seperti ketersediaan air, tekstur tanah, kemiringan lereng, kedalaman tanah, drainase, pH tanah, dan faktor-faktor lain.

O iya, ordo kesesuaian lahan merupakan alat yang penting dalam perencanaan penggunaan lahan yang berkelanjutan.

Selain itu juga dapat membantu dalam mengoptimalkan pemanfaatan lahan dengan mempertimbangkan kondisi fisik dan biologisnya.

Ordo kesesuaian lahan bersifat relatif dan dapat berbeda di setiap wilayah geografis.

Nah, berikut klasifikasi ordo kesesuaian lahan.

"Ordo kesesuaian lahan adalah sebuah konsep dalam ilmu tanah yang digunakan untuk mengevaluasi kemampuan suatu lahan dalam mendukung jenis penggunaan tertentu."

Baca Juga: 5 Manfaat Penghijauan bagi Lingkungan