Jawab Soal Bentuk-Bentuk Bahan Kampanye, Materi Sosiologi Kelas 11 Kurikulum Merdeka

By Nabil Adlani, Selasa, 31 Januari 2023 | 18:00 WIB
Bentuk-bentuk bahan kampanye sangat beragam, salah satunya poster. (freepik/tirachardz)

adjar.id - Dalam buku Sosiologi kelas 11 Kurikulum Merdeka, terdapat soal pada kolom Aktivitas di halaman 174.

Pada soal tersebut, terdapat beberapa pertanyaan dari gambar 4.12 tentang bentuk-bentuk bahan kampanye.

Melakukan kampanye, seperti kampanye sosial merupakan salah satu cara untuk membangun harmoni sosial dalam masyarakat.

Dikutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kampanye adalah gerakan atau tindakan serentak untuk mengadakan aksi tertentu.

Dalam kampanye sosial aktivitas dan informasi yang diberikan sifatnya edukatif, bukan komersial atau untuk memenuhi kepentingan pribadi atau golongan tertentu.

Kampanye sosial ini bisa menggunakan berbagai media konvensional dan media digital.

Bentuk kegiatan kampanye bisa berupa seminar, siaran radio, siaran televisi, pemanfaatan media sosial, dan podcast.

Penggunaan berbagai media informasi tersebut bisa menjangkau banyak orang, sehingga penyebarluasan informasi diharapkan dapat lebih cepat.

Membangun harmoni sosial melalui kampanye sosial membutuhkan peran serta pihak-pihak yang berwenang dan mempunyai keahlian di bidang topik terkait.

Nah, berikut pembahasan soal tentang bentuk-bentuk bahan kampanye yang dapat dijadikan sebagai referensi.

Mari kita simak bersama-sama!

Baca Juga: Pengaruh Positif dan Negatif Media Massa bagi Kehidupan Masyarakat

Aktivitas tentang Bentuk-Bentuk Bahan Kampanye

1. Identifikasilah kelebihan dan kekurangan bentuk-bentuk bahan kampanye yang tersaji pada gambar menggunakan format berikut!

Jawaban: Berikut bentuk-bentuk bahan kampanye:

- Pamflet

Kelebihan: Harga pamflet lebih mudah ditentukan dari jenis kertas yang digunakan dan jumlah kertas yang dibutuhkan akan lebih sedikit untuk satu pamflet.

Kekurangan: Dalam membuat desain, membutuhkan ketelitian karena jika salah akan berakibat fatal terhadap kegiatan yang dilakukan.

- Brosur

Kelebihan: Informasi yang disajikan lebih jelas dan spesifik, pembuatan lebih cepat, desain yang dibuat bisa disesuaikan dengan keinginan.

Kelemahan: Beberapa informasi yang disajikan tidak aktual dan tidak adanya umpan balik.

- Poster

Kelebihan: Lebih fleksibel, pesan yang disampikan sangat ringkas, mempunyai desain dan warna yang menarik, serta bisa digunakan untuk berbagai kegiatan.

Baca Juga: Jenis Media dan Metode yang Memengaruhi Sosialisasi

Kekurangan: Tertuju hanya untuk pembaca yang skalanya kecil dan harus ada pengaturan dalam penempatan poster.

2. Deskripsikan strategi/cara kampanye yang efektif untuk mengoptimalkan fungsi bahan-bahan kampanye pada gambar!

Jawaban: Agar bahan kampanye dapat lebih efektif digunakan, maka dibutuhkan berbagai persiapan sebelum kampanye dilaksanakan, misalnya:

- Melakukan identifikasi terhadap sasaran kampanye.

- Menentukan tujuan dilakukannya kampanye.

- Menentukan strategi yang digunakan untuk melakukan kampanye.

Nah, itu tadi pembahasan soal tentang bentuk-bentuk kampanye, Adjarian.

---

Sumber: Buku Sosiologi untuk SMA Kelas XI Karya Joan Hesti Gita Purwasih dan Seli Septiana Pratiwi.