Tipe-Tipe Kegiatan Manajemen

By Nabil Adlani, Kamis, 26 Januari 2023 | 18:00 WIB
Pengendalian manajemen merupakan salah satu tipe kegiatan manajemen. (pexels)

adjar.id - Kegiatan manajemen merupakan berbagai aktivitas yang berhubungan dengan pengawasan, pengarahan, pengorganisasian, dan perencanaan.

Aktivitas ini dilakukan untuk mencapai tujuan dari organisasi atau perusahaan, Adjarian.

Jadi, manajemen ini dapat dikatakan sebagai cara atau metode untuk mencapai tujuan organisasi atau perusahaan.

O iya, manajemen secara umum adalah proses mengatur sesuatu yang dilakukan oleh sekelompok orang untuk mencapai tujuan tertentu.

Hal ini biasanya dilakukan dengan cara bekerja sama untuk memanfaatkan sumber daya yang dimiliki.

Menurut George R. Terry, manajemen adalah proses yang terjadi dari perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.

Nah, biasanya istilah manajemen ini sering kita temui di dunia perkantoran ataupun bisnis.

Manajemen inilah yang dibutuhkan agar kerja organisasi atau perusahaan menjadi lebih efektif dan efisien.

Sementara orang yang mengatur, merumuskan, dan melaksanakan tindakan manajemen disebut dengan manajer.

Kegiatan manajemen sendiri terbagi menjadi beberapa tipe.

Berikut penjelasannya!

Baca Juga: 4 Hal Pokok yang Menjamin Keberhasilan Perusahaan dalam Manajemen Pemasaran

Tipe-Tipe Kegiatan Manajemen

Tipe kegiatan manajemen, yaitu:

1. Pengendalian Manajemen

Tipe kegiatan manajemen yang pertama adalah pengendalian manajemen.

Pengendalian manajemen adalah suatu sistem yang bisa digunakan untuk memengaruhi suatu organisasi.

Jadi, aktivitas pengendalian ini menjadi alat untuk mencari tahu apakah organisasi sudah dijalankan dengan baik atau belum.

Bentuk dari kegiatan pengendalian manajemen biasanya dilakukan oleh manajemen tingkat menengah atau middle manager.

Penyusunan anggaran, pembuatan program, dan analisis pekerjaan merupakan contoh kegiatan pengendalian manajemen.

2. Pengendalian Operasi

Pengendalian operasi adalah kegiatan manajemen yang dilakukan untuk meyakinkan pekerjaan sudah dilakukan secara efektif dan efisien.

Bentuk dari kegiatan ini merupakan aksi nyata dari pengendalian manajemen yang sudah dibuat sebelumnya.

Biasanya tipe dari pengendalian operasi ini dilakukan dibawah pengendali manajemen dan manajemen tingkat bawah.

Baca Juga: Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli

3. Perencanaan Strategis

Perencanaan strategis adalah tipe kegiatan manajemen yang tingkatnya paling tinggi.

Hal ini karena aktivitas perencanaan strategis merupakan proses pemecahan evaluasi lingkungan, khususnya di luar perusahaan.

Selain itu, kegiatan perencanaan strategis ini juga ikut melibatkan tujuan organisasi dan penentuan strategi yang akan diambil dan dilaksanakan.

Manajemen tingkat atas biasanya yang melakukan perencanaan strategis karena memiliki wewenang dalam pengambilan keputusan.

Nah, itulah tipe-tipe kegiatan manajemen, salah satunya adalah perencanaan strategis, Adjarian.

Coba Jawab!
Apa yang dimaksud dengan pengendalian manajemen? 
Petunjuk: Cek halaman 2.