Jawab Soal Asesmen tentang Ketenagakerjaan, Materi Ekonomi Kelas 11 Kurikulum Merdeka

By Nabil Adlani, Senin, 9 Januari 2023 | 17:00 WIB
Tenaga kerjaan berhubungan dengan tenaga kerja, baik sebelum, selama, dan sesuah masa kerja. (unsplash/Sebastian Herrmann)

adjar.id - Dalam buku Ekonomi kelas 11 Kurikulum Merdeka, terdapat soal Asesmen di halaman 111.

Soal tersebut memuat beberapa pertanyaan tentang ketenagakerjaan.

Artikel ini akan membahas soal tersebut yang bisa dijadikan sebagai referensi.

Tenaga kerja merupakan salah satu faktor penting untuk mencapai suatu pembangunan nasional.

Ketenagakerjaan menurut UU No.13 tahun 2003 merupakan segala hal yang berhubungan dengan tenaga kerja pada waktu sebelum, selama, dan sesudah masa kerja.

Sementara tenaga kerja adalah setiap orang yang mampu melakukan pekerjaan untuk menghasilkan barang dan atau jasa.

Barang dan atau jasa ini dihasilkan untuk memenuhi kebutuhan sendiri ataupun kebutuhan masyarakat luas.

Tenaga kerja terbagi menjadi tiga kriteria, yaitu tenaga kerja terdidik, tenaga kerja terlatih, serta tenaga kerja tidak terdidik dan terlatih.

Nah, kelompok angkatan kerja yang tidak bekerja atau sedang mencari pekerjaan disebut dengan pengangguran.

Pengangguran ini bisa terjadi karena jumlah penawaran tenaga kerja lebih besar dibanding permintaan tenaga kerja.

Sekarang mari kita simak pembahasan soal Asesmen tentang ketenagakerjaan berikut!

Baca Juga: Jawab Soal Lembar Aktivitas 2 Angkatan Kerja, Materi Ekonomi Kelas 11 Kurikulum Merdeka

Asesmen tentang Ketenagakerjaan

1. Jelaskan mengapa terkadang pengangguran disebut sebagai "sumber daya yang tersia-siakan"!

Jawaban: Pengangguran adalah angkatan kerja yang tidak memiliki pekerjaan atau sedang mencari pekerjaan.

Orang yang tidak mempunyai pekerjaan merupakan sumber daya manusia yang sebenarnya bisa dijadikan sebagai modal penting bagi kegiatan ekonomi.

Hal ini karena setiap orang mempunyai kelebihannya masing-masing.

Jika pengangguran tersebut mau belajar dan ditempatkan berdasarkan keahlian masing-masing, maka kualitasnya akan meningkat.

Maka dari itu, sumber daya manusia yang besar dapat menjadi bumerang jika tidak diimbangi dengan kualitas yang dimiliki.

2. Identifikasi keuntungan yang akan diperoleh apabila tingkat pengangguran mengalami penurunan!

Jawaban: Jika pengangguran turun, maka masyarakat yang mempunyai penghasilan akan bertambah.

Tenaga kerja tentu akan berbelanja dengan penghasilan yang dimiliki, sehingga roda perekonomian berpusat dan berdampak bagi sektor lain.

3. Mengapa upah di setiap daerah di Indonesia berbeda-beda? Jelaskan dengan menggunakan konsep ketenagakerjaan dan pengupahan yang sudah kalian pelajari!

Baca Juga: Jawab Soal Lembar Aktivitas 5: Masalah Ketenagakerjaan, Materi Ekonomi Kelas 11 Kurikulum Merdeka

  

Jawaban: Penentu besar upah di setiap daerah adalah kebutuhan hidup layak.

Komponen kebutuhan hidup layak terdiri dari standar pangan, sandang, papan, pendidikan, kesehatan, rekreasi, transportasi, dan tabungan.

Selain itu, upah juga ditentukan dari pertumbuhan ekonomi, inflasi, dan kondisi pasar tenaga kerja di setiap daerah yang tidak sama.

Sehingga, upah di setiap daerah mengalami perbedaan.

4. Di antara pengangguran friksional, struktural, dan siklis manakah dari ketiga jenis pengangguran tersebut yang paling sering kalian temui?

Jelaskan berdasarkan pengalaman kalian masing-masing!

Jawaban: Pengangguran siklik, karena banyaknya pengangguran akibat PHK karena pada saat pandemi COVID-19 perekonomian memburuk.

5. Apa peran yang dapat kalian lakukan dalam upaya untuk mengatasi pengangguran?

Jawaban: Mengembangkan potensi yang dimiliki atau membantu orang lain meningkatkan keahliannya, sehingga akan memudahkan seseorang dalam mencari pekerjaan.

Itulah pembahasan soal Asesmen tentang ketenagakerjaan dalam materi ekonomi kelas 11 Kurikulum Merdeka, Adjarian.