Pengelompokan Batuan Sedimen

By Nabil Adlani, Selasa, 20 Desember 2022 | 11:30 WIB
Batuan sedimen dikelompokan menjadi beberapa jenis, salah satunya berdasarkan cara pengendapannya. (unsplash/cory)

adjar.id - Batuan sedimen merupakan salah satu jenis batuan yang menyusun litosfer.

Litosfer adalah lapisan kulit bumi yang tersusun atas mineral dan batuan.

Hampir semua jenis batuan yang membentuk litosfer berasal dari pembekuan magma gunung api yang dikenal dengan batuan beku.

Namun, karena adanya berbagai proses alamiah yang lebih lanjut berupa pengendapan dan perubahan wujud, terbentuklah beberapa jenis batuan baru, salah satunya batuan sedimen.

Nah, kali ini kita akan membahas mengenai pengelompokan batuan sedimen yang menjadi materi Geografi kelas 10 SMA.

Batuan sedimen adalah batuan yang terbentuk karena adanya proses diagnesis dari material batuan lain yang sudah mengalami sedimentasi.

Sedimentasi ini meliputi proses pelapukan, deposisi, dan transportasi, Adjarian.

Batuan sedimen ini termasuk jenis batuan yang paling banyak terdapat di permukaan bumi dan terbentuk akibat proses pengendapan.

Proses pembentukan batuan sedimen berawal dari adanya pemecahan batuan induk menjadi bagian-bagian yang ukurannya lebih kecil.

Pecahan batuan tersebut kemudian dipindahkan atau diangkut ke tempat lain oleh zat pengangkut, baik tenaga air yang mengalir, angin, maupun gletser sampai diendapkan di suatu tempat.

"Batuan sedimen umumnya terendap di berbagai tempat yang relatif lebih rendah dari kerak batuan asalnya, misalnya di samudra, danau, atau laut."

Baca Juga: 5 Contoh Jenis Batuan Sedimen dan Kegunaannya dalam Kehidupan Manusia