5 Bentuk Multikulturalisme dalam Masyarakat Multikultural

By Nabil Adlani, Selasa, 13 Desember 2022 | 13:40 WIB
Multikulturalisme isolasi merupakan salah satu bentuk multikulturalisme dalam masyarakat multikultural. (pexels/fauxels)

adjar.id – Kali ini kita akan membahas mengenai lima bentuk multikulturalisme dalam masyarakat multikultural yang menjadi materi Sosiologi kelas 11 SMA.

Pembicaraan mengenai masyarakat multikultural tidak bisa dilepaskan dari multikulturalisme.

Hal ini karena antara masyarakat multikultural dengan multikulturalisme memiliki hubungan yang erat, Adjarian.

Multukulturalisme dibentuk dalam masyarakat multikultural sebagai acuan utama terwujudnya kedamaian di dalam keragaman masyarakat.

Nah, jadi apa yang dimaksud dengan multikulturalisme?

Multikulturalisme adalah sebuah ideologi yang mengakui dan mengagungkan perbedaan dalam kesederajatan, baik secara individu maupun secara kebudayaan.

Dalam multikulturalisme, sebuah masyarakat dilihat sebagai sebuah kebudayaan yang berlaku umum dalam masyarakat tersebut yang bercorak seperti sebah mozaik.

Di dalam mozaik tersebut tercakup semua kebudayaan dari masing-masing suku bangsa yang sangat jelas dan belum tercampur oleh warna budaya lain.

Menurut Taylor, ide multikulturalisme merupakan suatu gagasan untuk mengatur keberagaman dengan prinsip-prinsip dasar pengakuan akan keberagaman itu sendiri atau politics of recognation.

O iya, pada multikulturalisme ini juga mengakui adanya politik universalisme yang menekankan harga diri semua, serta hak dan kewajiban yang sama sebagai manusia.

“Inti multikulturalisme adalah kesediaan menerima kelompok lain secara sama sebagai kesatuan, tanpa memedulikan perbedaan budaya, etnis, gender, bahasa, ataupun agama.”

Baca Juga: Bentuk-Bentuk dan Ciri Masyarakat Multikulturalisme