Jawab Soal Asesmen dari Teks Puisi ‘Gadis Peminta-Minta’, Materi Bahasa Indonesia Kelas 11 Kurikulum Merdeka

By Nabil Adlani, Senin, 12 Desember 2022 | 16:20 WIB
Dalam buku bahasa Indonesia kelas 11 Kurikulum Merdeka, terdapat soal Asesmen dari teks puisi (unsplash/ASTERISK KWON)

adjar.id – Dalam buku Bahasa Indonesia Tingkat Lanjut: Cakap Berbahasa dan Bersastra Indonesia kelas 11 Kurikulum Merdeka, terdapat soal Asesmen di halaman 161.

Pada soal tersebut kita diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan yang berasal dari teks puisiGadis Peminta-minta” karya Toto Sudarto Bachtiar.

Nah, kali ini kita akan membahas soal tersebut. Pembahasan soal ini dapat dijadikan sebagai referensi.

Teks puisi adalah bentuk bahasa yang mempertimbangkan perpaduan aspek bunyi untuk menyampaikan pengalaman imajinatif, emosional, dan intelektual penyair dari kehidupan individu atau sosialnya.

Hal ini diungkapkan oleh penyair menggunakan teknik tertentu sehingga dapat membangkitkan pengalaman tertentu dalam diri pembaca atau pendengar puisi tersebut.

Manfaat dalam mempelajari suatu teks puisi adalah dapat membangkitkan pengalaman tertentu yang terdapat di dalam diri, Adjarian.

Teks puisi sebagai karya sastra mempunyai nilai seni jika pengalaman jiwa penyair yang menjadi dasarnya dapat dijelmakan dalam kata secara jelas dan lengkap.

Sekarang, mari kita simak pembahasan soal tersebut!

Asesmen dari Teks Puisi ‘Gadis Peminta-Minta’

Gadis Peminta-minta

Setiap kita bertemu, gadis kecil berkaleng kecil

Baca Juga: Jawab Soal Latihan Evaluasi Gagasan Teks Puisi 'Hujan Bulan Juni', Materi Bahasa Indonesia Kelas 11 Kurikulum Merdeka

Senyummu terlalu kekal untuk kenal duka

Pengadah padaku, pada bulan merah jambu

Tapi kotaku jadi hilang, tanpa nyawa

Ingin aku ikut, gadis kecil berkaleng kecil

Pulang ke bawah jembatan yang melulur sosok

Hidup dari kehidupan angan-angan yang gemerlapan

Gembira dari kemayaan riang

Duniamu yang lebih tinggi dari menara katedral

Melintas-lintas di atas air kotor, tapi yang begitu kauhafal

Juwa begitu murni, terlalu murni 

Untuk bisa membagi duka

Baca Juga: Jawab Soal Kegiatan 3 Teks Puisi ‘Tuhan, Kita Begitu Dekat’, Materi Bahasa Indonesia Kelas 11 Kurikulum Merdeka

Kalau kau mati, gadis kecil berkaleng kecil

Bulan di atas itu, tak ada yang punya

Dan kotaku. Ah kotaku

Hidupnya tak lagi punya tanda

1. Tema puisi di atas adalah...

a. gadis yang mengemis

b. gadis yang membawa kaleng kecil

c. gadis yang hidup di kota

d. gadis yang sedang senyum

e. gadis yang hidup dalam angan-angan

Jawaban: a. gadis yang mengemis

Baca Juga: Langkah-Langkah Menafsirkan Teks Puisi, Materi Bahasa Indonesia Kelas 11 Kurikulum Merdeka

2. Nada puisi tersebut adalah...

a. sedih

b. datar

c. humor

d. senang

e. haru

jawaban: e. haru

3. Pernahkah kalian memiliki pengalaman batin yang sama dengan nukilan penyair pada bait-1 puisi di atas? Jika pernah, kemukakanlah respons kalian terhadap pesan baik tersebut, dengan kadar analisis yang mencerminkan pengalaman batin kalian.

Jawaban: Pernah, karena di perkotaan ada banyak gadis peminta-minta dengan wajah dan pakaian yang lusuh dan kumal.

Mereka membawa kaleng yang digunakan untuk meletakkan uang yang diberikan oleh orang-orang di jalan.

Muncul perasaan haru dan iba setelah melihat mereka, karena mereka masih sangat kecil tetapi sudah harus menjalani hidup yang berat.

Baca Juga: Jawab Soal Bahasa Indonesia Kelas XI Bab 4 Kurikulum Merdeka, Unsur Puisi 'Aku Ingin'

4. Tafsirkan makna yang terkandung dalam puisi tersebut.

Jawaban: Makna yang terkandung dalam puisi tersebut adalah kisah hidup dari seorang gadis pengemis yang hidup di kota-kota besar.

5. Apakah teks puisi ini dapat kamu nikmati? Mengapa demikian?

Jawaban: Ya, sebab kita bisa terpengaruh dari nada puisi tersebut yang penuh rasa empati kepada peminta-minta.

Sehingga, kita dapat lebih mudah memahami puisi tersebut.

6. Tulislah hasil evaluasi diksi teks puisi tersebut.

Jawaban: Puisi tersebut banyak menggunakan kata-kata konkret yang mudah untuk dipahami.

Selain itu, majas yang terdapat dalam puisi tersebut juga penuh makna tersirat yang mudah dipahami.

7. Tulislah isi puisi tersebut.

Jawaban: Isi dari puisi tersebut ialah penggambaran kondisi perasaan dari penyair ketika melihat gadis peminta-minta di perkotaan.

Nah, itulah pembahasan soal Asesmen dari teks puisi “Gadis Peminta-minta” karya Toto Sudarto Bachtiar.

Baca Juga: Jawab Soal Bahasa Indonesia Kelas XI Bab 4 Kurikulum Merdeka, Cerpen dan Puisi 'Malaikat Juga Tahu'