adjar.id – Dalam buku Bahasa Indonesia Tingkat Lanjut: Cakap Berbahasa dan Bersastra Indonesia kelas 11 Kurikulum Merdeka, terdapat soal Asesmen di halaman 161.
Pada soal tersebut kita diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan yang berasal dari teks puisi “Gadis Peminta-minta” karya Toto Sudarto Bachtiar.
Nah, kali ini kita akan membahas soal tersebut. Pembahasan soal ini dapat dijadikan sebagai referensi.
Teks puisi adalah bentuk bahasa yang mempertimbangkan perpaduan aspek bunyi untuk menyampaikan pengalaman imajinatif, emosional, dan intelektual penyair dari kehidupan individu atau sosialnya.
Hal ini diungkapkan oleh penyair menggunakan teknik tertentu sehingga dapat membangkitkan pengalaman tertentu dalam diri pembaca atau pendengar puisi tersebut.
Manfaat dalam mempelajari suatu teks puisi adalah dapat membangkitkan pengalaman tertentu yang terdapat di dalam diri, Adjarian.
Teks puisi sebagai karya sastra mempunyai nilai seni jika pengalaman jiwa penyair yang menjadi dasarnya dapat dijelmakan dalam kata secara jelas dan lengkap.
Sekarang, mari kita simak pembahasan soal tersebut!
Asesmen dari Teks Puisi ‘Gadis Peminta-Minta’
Gadis Peminta-minta
Setiap kita bertemu, gadis kecil berkaleng kecil
Senyummu terlalu kekal untuk kenal duka
Pengadah padaku, pada bulan merah jambu
Tapi kotaku jadi hilang, tanpa nyawa
Ingin aku ikut, gadis kecil berkaleng kecil
Pulang ke bawah jembatan yang melulur sosok
Hidup dari kehidupan angan-angan yang gemerlapan
Gembira dari kemayaan riang
Duniamu yang lebih tinggi dari menara katedral
Melintas-lintas di atas air kotor, tapi yang begitu kauhafal
Juwa begitu murni, terlalu murni
Untuk bisa membagi duka
Kalau kau mati, gadis kecil berkaleng kecil
Bulan di atas itu, tak ada yang punya
Dan kotaku. Ah kotaku
Hidupnya tak lagi punya tanda
1. Tema puisi di atas adalah...
a. gadis yang mengemis
b. gadis yang membawa kaleng kecil
c. gadis yang hidup di kota
d. gadis yang sedang senyum
e. gadis yang hidup dalam angan-angan
Jawaban: a. gadis yang mengemis
Baca Juga: Langkah-Langkah Menafsirkan Teks Puisi, Materi Bahasa Indonesia Kelas 11 Kurikulum Merdeka
2. Nada puisi tersebut adalah...
a. sedih
b. datar
c. humor
d. senang
e. haru
jawaban: e. haru
3. Pernahkah kalian memiliki pengalaman batin yang sama dengan nukilan penyair pada bait-1 puisi di atas? Jika pernah, kemukakanlah respons kalian terhadap pesan baik tersebut, dengan kadar analisis yang mencerminkan pengalaman batin kalian.
Jawaban: Pernah, karena di perkotaan ada banyak gadis peminta-minta dengan wajah dan pakaian yang lusuh dan kumal.
Mereka membawa kaleng yang digunakan untuk meletakkan uang yang diberikan oleh orang-orang di jalan.
Muncul perasaan haru dan iba setelah melihat mereka, karena mereka masih sangat kecil tetapi sudah harus menjalani hidup yang berat.
Baca Juga: Jawab Soal Bahasa Indonesia Kelas XI Bab 4 Kurikulum Merdeka, Unsur Puisi 'Aku Ingin'
4. Tafsirkan makna yang terkandung dalam puisi tersebut.
Jawaban: Makna yang terkandung dalam puisi tersebut adalah kisah hidup dari seorang gadis pengemis yang hidup di kota-kota besar.
5. Apakah teks puisi ini dapat kamu nikmati? Mengapa demikian?
Jawaban: Ya, sebab kita bisa terpengaruh dari nada puisi tersebut yang penuh rasa empati kepada peminta-minta.
Sehingga, kita dapat lebih mudah memahami puisi tersebut.
6. Tulislah hasil evaluasi diksi teks puisi tersebut.
Jawaban: Puisi tersebut banyak menggunakan kata-kata konkret yang mudah untuk dipahami.
Selain itu, majas yang terdapat dalam puisi tersebut juga penuh makna tersirat yang mudah dipahami.
7. Tulislah isi puisi tersebut.
Jawaban: Isi dari puisi tersebut ialah penggambaran kondisi perasaan dari penyair ketika melihat gadis peminta-minta di perkotaan.
Nah, itulah pembahasan soal Asesmen dari teks puisi “Gadis Peminta-minta” karya Toto Sudarto Bachtiar.
Baca Juga: Jawab Soal Bahasa Indonesia Kelas XI Bab 4 Kurikulum Merdeka, Cerpen dan Puisi 'Malaikat Juga Tahu'