Jawab Soal Dampak Positif dan Negatif Kemajuan Teknologi dalam Kehidupan Berbangsa, Materi PPKn Kelas 11 Kurikulum Merdeka

By Nabil Adlani, Kamis, 1 Desember 2022 | 15:40 WIB
Kemajuan teknologi memberikan dampak positif dan negatif dalam kehidupan berbangsa. (pexels/fauxels)

adjar.id – Kemajuan teknologi terjadi sebagai dampak dari mulainya era globalisasi dalam kehidupan manusia.

Globalisasi membawa kemajuan di bidang teknologi dan komunikasi yang memudahkan kehidupan.

Dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kelas 11 Kurikulum Merdeka, terdapat satu soal pada Uji Pemahaman di halaman 57.

Pada soal tersebut, kita diminta untuk menjelaskan kemajuan teknologi memiliki dampak positif dan negatif dalam kehidupan berbangsa, terutama dalam penerapan Pancasila.

Nah, kali ini kita akan membahas soal tersebut, Adjarian.

Pancasila merupakan ideologi negara yang harus dipatuhi dan menjadi alat bagi pemersatu bangsa Indonesia.

Adanya kemajuan teknologi menjadi tantangan tersendiri bagi Pancasila, terlebih mudahnya berbagai informasi yang dapat masuk ke negara Indonesia.

O iya, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia.

Di era globalisasi ini hampir semua aktivitas manusia melibatkan teknologi, salah satunya dalam bidang komunikasi.

Tentunya, hal ini memberikan dampak bagi kehidupan berbangsa, terutama bagi Pancasila yang menjadi ideologi bagi bangsa Indonesia.

Sekarang mari kita simak pembahasan soal seputar dampak positif dan negatif kemajuan teknologi dalam kehidupan berbangsa berikut!

Baca Juga: Jawab Soal Peluang Pancasila Diterapkan dalam Kehidupan Sehari-hari di Era Digital, Materi PPKn Kelas 10 Kurikulum Merdeka