Daerah Konservasi Flora dan Fauna di Indonesia, Materi Geografi Kelas 11 Kurikulum Merdeka

By Nabil Adlani, Senin, 21 November 2022 | 21:00 WIB
Daerah konservasi flora dan fauna di Indonesia salah satunya adalah Taman Nasional Tanjung Puting yang menjadi habitat bagi orang utan. (unsplash/Stuart Jansen)

adjar.id – Kali ini kita akan mencari tahu daerah konservasi flora dan fauna di Indonesia yang menjadi materi Geografi kelas 11 SMA Kurikulum Merdeka.

Yap, ada beberapa daerah konservasi flora dan fauna di Indonesia, Adjarian.

Di Indonesia sendiri hidup beragam jenis flora dan fauna.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), konservasi adalah pemeliharaan dan perlindungan sesuatu secara teratur untuk mencegah kerusakan dan kemusnahan dengan jalan mengawetkan, pengawetan, dan pelestarian.

Konservasi ini penting dilakukan sebagai upaya untuk menjaga kelestarian flora dan fauna.

Tujuan utama dilakukannya konservasi ialah untuk menjamin kelestarian fungsi ekosistem, mencegah kepunahan spesies, dan menyediakan sumber keanekaragaman genetik.

Dalam pelaksanaannya, konservasi ini dilakukan berdasarkan tiga asas, yaitu asas berkelanjutan, bermanfaat, dan tanggung jawab.

O iya, ada dua metode konservasi, yaitu metode in situ (di habitat asli flora dan fauna) dan metode ex situ (di luar habitat asli flora dan fauna)

“Pelaksanaan konservasi flora dan fauna membutuhkan metode atau cara khusus agar bisa efektif dan efisien.”

Daerah Konservasi Flora dan Fauna di Indonesia

Indonesia merupakan negara yang memiliki iklim tropis dan bentang alam yang luas, seperti hutan, gunung, danau, laut, dan sungai.

Baca Juga: Melakukan Konservasi Flora dan Fauna untuk Menjaga Kekayaan Indonesia