Guna dan Nilai Barang dalam Perilaku Konsumen

By Nabil Adlani, Jumat, 11 November 2022 | 13:00 WIB
Perilaku konsumen menimbulkan adanya guna dan nilai pada suatu barang yang dikonsumsi. (pexels/Sam Lion)

adjar.id Perilaku konsumen memengaruhi guna dan nilai barang, Adjarian.

Apa itu perilaku konsumen?

Perilaku konsumen berkaitan dengan apa yang dicari, dibeli, dikonsumsi, dan dibutuhkan oleh konsumen.

Perilaku konsumen termasuk sebagai studi pemasaran yang bertujuan untuk memahami proses pengambilan keputusan oleh konsumen.

Nah, kali ini kita akan membahas mengenai guna dan nilai barang dalam perilaku konsumen dalam materi Ekonomi kelas 10.

Konsumen sendiri adalah orang atau badan usah yang melakukan kegiatan konsumsi.

Kegitan konsumsi ini tidak hanya makan dan minum, tetapi juga menyangkut kegiatan lain yang berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan hidup.

Sementara perilaku konsumen adalah tindakan nyata yang dilakukan konsumen yang dipengaruh faktor eksternal dan internal.

Hal ini dilakukan untuk memilih, menilai, mendapatkan, dan menjual barang atau jasa, Adjarian.

Berikut penjelasan selengkapnya guna dan nilai barang dalam perilaku konsumen.

“Perilaku konsumen merupakan suatu tindakan yang mendorong penggunaan atau pembelian barang dan jasa.”

Baca Juga: Hak dan Kewajiban Konsumen

Guna dan Nilai Barang

Konsumsi adalah kegiatan menggunakan barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan atau memuaskan keinginan.

Dengan kata lain, suatu barang akan dikonsumen jika barang tersebut berguna untuk memenuhi kebutuhan hidup dan memuaskan keinginan.

1. Guna Barang

Ada beberapa bentuk kegunaan dari suatu barang, seperti:

Suatu barang akan lebih berguna jika diubah dari bentuk asalnya, misalnya kayu menjadi perabotan rumah tangga.

Suatu barang akan lebih berguna jika berada pada tempat yang tepat, misalnya pakaian tebal digunakan di tempat yang hawanya dingin.

Suatu barang akan lebih berguna jika telah dimiliki atau disewa oleh orang yang membutuhkannya, misalnya buku pelajaran yang dimiliki pelajar akan berguna untuk meningkatkan kepandaian.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Produsen, Konsumen, dan Pengurai di dalam Ekosistem

Suatu barang akan berguna jika digunakan pada waktu yang tepat, misalnya payung yang digunakan saat hujan.

Suatu barang akan lebih berguna jika dapat memberikan jasa, misalnya radio akan berguna jika ada siarannya.

Suatu barang akan mengalami peningkatan setelah diolah dari bahan dasar menjadi barang jadi, misalnya kapas sebagai bahan dasar pembuatan benang.

“Guna barang terbagi menjadi beberapa bentuk, salah satunya kegunaan kepemilikan.”

2. Nilai Barang

Suatu barang atau jasa bisa dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan manusia jika mempunyai guna dan nilai.

Berguna mempunyai arti bahwa barang tersebut bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Sehingga, manusia selalu berusaha untuk meningkatkan kegunaan suatu barang, karena semakin banyak guna barang maka nilainya akan semakin tinggi.

Baca Juga: Pengertian, Jenis, dan Faktor yang Memengaruhi Permintaan

Nilai suatu barang dan jasa dibedakan menjadi dua, yaitu:

Nilai pakai pada suatu barang terbagi menjadi dua jenis, yaitu:

a. Nilai Pakai Objektif

Suatu barang dikatakan memiliki nilai pakai objektif jika barang dan jas tersebut digunakan untuk memenuhi atau memuaskan kebutuhan manusia pada umumnya.

b. Nilai Pakai Subjektif

Suatu barang dikatakan mempunyai nilai pakai subjektif jika seseorang memberikan penilaian terhadap barang yang digunakannya.

Hal ini membuat nilai pakai subjektif setiap orang akan berbeda-beda, tergantung kemampuan barang tersebut memberikan kepuasan dalam memenuhi kebutuhan.

“Nilai pakai suatu barang terbagi menjadi dua jenis, yaitu nilai pakai objektif dan nilai pakai subjektif.”

Nilai tukar suatu barang dan jasa dibedakan menjadi dua jenis, yaitu:

Baca Juga: Kegiatan Ekonomi yang Ada di Pasar Tradisional

a. Nilai Tukar Objektif

Nilai tukar objektif adalah kemampuan suatu barang untuk dapat ditukar dengan barang jenis lainnya.

b. Nilai Tukar Subjektif

Nilai tukar subjektif adalah nilai yang diberikan seseorang terhadap suatu barang dan jasa, karena bisa ditukar dengan barang dan jasa lainnya untuk memenuhi kebutuhan.

Nah, itulah penjelasan mengenai guna dan nilai barang dalam perilaku konsumen.

Coba Jawab!

Apa yang dimaksud dengan kegunaan bentuk?

Petunjuk: Cek halaman 2.