Struktur Pasar dalam Perekonomian

By Nabil Adlani, Selasa, 8 November 2022 | 11:30 WIB
Salah satu struktur pasar adalah pasa persaingan sempurna yang di dalamnya terdapat banyak penjual dan pembeli. (unsplash/Alex Hudson)

adjar.id – Dalam perekonomian, dikenal istilah struktur pasar.

Komposisi pasar sendiri terdiri atas seluruh perusahaan dan konsumen yang ingin dan mampu membeli serta menjual barang tertentu, baik seara tunai maupun kredit.

Jumlah pembeli dan penjual antara satu pasar dengan pasar lainnya ini tidaklah sama, Adjarian.

Nah, pada pembahasan kali ini, kita akan membahas mengenai struktur pasar dalam perekonomian yang menjadi materi ekonomi kelas 10 SMA.

Struktur pasar adalah berbagai dimensi yang bisa memengaruhi kinerja perusahaan dalam pasar.

Misalnya karakteristik dan jumlah perusahaan, skala produksi dan tingkat kesamaan atau perbedaan produksi yang dihasilkan perusahaan.

O iya, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pasar adalah tempat orang berjual beli.

Jadi, pasar ini menjadi tempat bertemunya dua pihak yang melakukan transaksi ekonomi, yang melibatkan pertukaran barang, tenaga kerja, modal, informasi, mata uang, dan lain sebagainya.

Berikut pembahasan lengkap mengenai struktur pasar dalam perekonomian, Adjarian.

“Dalam perekonomian, pasar adalah tempat perusahaan memproduksi barang dengan skala kecil dan harus menghadapi persaingan produksi dalam skala besar.”

Struktur Pasar

Baca Juga: Contoh Soal dan Jawaban Materi Empat Jenis Struktur Pasar

Struktur pasar dapat diartinyakan sebagai tingaktan persaingan yang terjadi pada suatu pasar.

Berdasarkan struktur pasarnya, pasar dibedakan menjadi dua bentuk, yaitu:

1. Pasar Persaingan Sempurna

Pasar persaingan sempurna merupakan pasar di mana tidak ada satu perusahaan atau konsumen yang secara individu bisa memengaruhi harga yang berlaku di pasar.

Beberapa karakteristik dari pasar persaingan sempurna, di antaranya:

- Terdapat banyak perusahaan dan konsumen di pasar.

- Penjual menjual produk yang homogen.

- Penjual dan pembeli secara bebas bisa masuk dan keluar dari pasar.

- Penjual dan pembeli mempunyai pengetahuan sempurna tentang pasar.

“Pada pasar persaigan sempurna harga pasar ditentukan oleh kekuatan permintaan dan penawaran.” 

2. Pasar Persaingan Tidak Sempurna

Baca Juga: Contoh Soal dan Jawab Materi Struktur Pasar dalam Perekonomian

Pasar persaingan tidak sempurna bisa terbentuk jika salah satu syarat dari pasar sempurna tidak terpenuhi.

Pasar persaingan tidak sempurna jika dilihat dari aspek pembeli dapat dikelompokkan menjadi:

Pasar monopoli adalah situasi pasar di mana hanya terdapat satu penjual barang atau komoditi yang tidak ada penggantinya yang sangat mirip.

Sehingga dalam pasar ini tidak terdapat persaingan sehingga penjual berkuasa untuk mengubah harga dan jumlah barang di pasar.

Pasar oligopoli adalah pasar yang hanya terdiri atas beberapa perusahaan atau penjual yang menjual produk yang sejenis atau homogen.

Pasar oligopoli terdiri atas dua perusahaan atau dua penjual yang disebut dengan pasar duapoli.

Produk yang dijual bisa berupa produk yang homogen ataupun produk yang terdirferensiasi.

“Pasar monopoli di dalamnya hanya terdapat satu penjual barang dan tidak ada persaingan.”

Baca Juga: Jawab Soal Ekonomi Kelas 10 SMA, Perbedaan Pasar Oligopoli dengan Pasar Monopolistik

Bentuk pasar monopolistik berada di tengah-tengah antara pasar persaingan sempurna dan pasar monopoli.

Pasar ini dikatakan mengandung persaingan sempurna karena terdapat banyak perusahaan yang memliki pangsa pasar yang besar, sehingga tidak dapat memengaruhi pasar.

Pada pasar monopolistik ini, produk yang dijual merupakan produk terdiferensiasi atau dieferensiasi produk.

Adanya diferensiasi produk ini mendorong perusahaan melakukan persangan nonharga melalui iklan, diskon, dan hadiah-hadiah.

Pasar monopsoni adalah pasar yang hanya mempunyai satu pembeli dengan banyak penjual.

Pasal monopsoni ini biasanya akan ditemukan pada masyarakat pertanian.

Pasar oligopsoni adalah bentuk pasar yang dikuasai oleh lebih dari dua orang pembeli dengan penawaran dari sejumlah penjual.

Setiap pembeli mempunyai peran yang cukup besar untuk memengaruhi harga yang dibelinya.

"Oligopsoni merupakan suatu bentuk pasar yang terdiri atas pembeli-pembeli besar dan pembeli-pembeli kecil."

Baca Juga: Jawab Soal Ekonomi Kelas 10 SMA, Ciri-Ciri Pasar Persaingan Sempurna

Adjarian, itulah penjelasan mengenai struktur pasar dalam perekonomian yang terbagi menjadi dua, yaitu pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna.

Coba Jawab!

Apa yang dimaksud dengan pasar persiangan sempurna?

Petunjuk: Cek halaman 2.