Struktur Pasar dalam Perekonomian

By Nabil Adlani, Selasa, 8 November 2022 | 11:30 WIB
Salah satu struktur pasar adalah pasa persaingan sempurna yang di dalamnya terdapat banyak penjual dan pembeli. (unsplash/Alex Hudson)

adjar.id – Dalam perekonomian, dikenal istilah struktur pasar.

Komposisi pasar sendiri terdiri atas seluruh perusahaan dan konsumen yang ingin dan mampu membeli serta menjual barang tertentu, baik seara tunai maupun kredit.

Jumlah pembeli dan penjual antara satu pasar dengan pasar lainnya ini tidaklah sama, Adjarian.

Nah, pada pembahasan kali ini, kita akan membahas mengenai struktur pasar dalam perekonomian yang menjadi materi ekonomi kelas 10 SMA.

Struktur pasar adalah berbagai dimensi yang bisa memengaruhi kinerja perusahaan dalam pasar.

Misalnya karakteristik dan jumlah perusahaan, skala produksi dan tingkat kesamaan atau perbedaan produksi yang dihasilkan perusahaan.

O iya, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pasar adalah tempat orang berjual beli.

Jadi, pasar ini menjadi tempat bertemunya dua pihak yang melakukan transaksi ekonomi, yang melibatkan pertukaran barang, tenaga kerja, modal, informasi, mata uang, dan lain sebagainya.

Berikut pembahasan lengkap mengenai struktur pasar dalam perekonomian, Adjarian.

“Dalam perekonomian, pasar adalah tempat perusahaan memproduksi barang dengan skala kecil dan harus menghadapi persaingan produksi dalam skala besar.”

Struktur Pasar

Baca Juga: Contoh Soal dan Jawaban Materi Empat Jenis Struktur Pasar