4 Peran Nilai dan Norma dalam Masyarakat

By Nabil Adlani, Jumat, 28 Oktober 2022 | 16:00 WIB
Nilai dam norma dalam kehidupan masyarakat memiliki peran yang sangat penting. (pexels/Lok Lok)

adjar.id Nilai dan norma dalam masyarakat sangat berperan dalam memberikan stabilitas kehidupan.

Jika suatu daerah tidak memberlakukan nilai dan norma sosial, maka daerah tersebut akan mengalami kekaucauan dan terjadi penyimpangan pola kehidupan.

Nah, kali ini kita akan membahas mengenai peran nilai dan norma dalam masyarakat yang menjadi materi sosiologi kelas 10 SMA.

Peran nilai dan norma secara umum adalah untuk mengatur pola kehidupan masyarakat agar pola perilakunya bisa seimbang, tidak merugikan dan memunculkan ketidakadilan.

Nilai dan norma sosial ada dalam diri setiap manusia yang bertugas dalam mengatur tata kehidupan setiap anggota masyarakat.

Nilai dan norma harus selalu dijunjung tinggi, dibina, dan dipertahankan sebagai salah satu bagian dari kekayaan budaya.

Jika nilai dan norma bisa diperlakukan dengan baik, maka kehidupan masyarakat akan lebih terkendali dan teratur sesuai nilai dan norma yang berlaku, Adjarian.

O iya, nilai sosial adalah konsep abstrak mengenai segala sesuatu yang baik, dicita-citakan, penting, dan berguna bagi kehidupan manusia.

Sementara norma sosial adalah berbagai aturan dengan sanksi sebagai pedoman untuk melakukan hubungan sosial dalam masyarakat.

Berikut beberapa peran nilai dan norma dalam masyarakat.

“Dalam masyarakat, nilai dan norma sangat berperan dalam memberikan stabilitas kehidupan.”

Baca Juga: Contoh Perilaku Politik Sesuai Nilai dan Norma sebagai Partisipasi Politik