Jawab Soal Latihan Teks Prosedur, Materi Bahasa Indonesia Kelas 11 Kurikulum Merdeka

By Nabil Adlani, Sabtu, 15 Oktober 2022 | 12:00 WIB
Teks prosedur dibuat untuk memudahkan seseorang dalam melakukan suatu kegiatan. (pexels/Andrea Piacquadio)

adjar.id Teks prosedur sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam buku Bahasa Indonesia Tingkat lanjut Cakap Berbahasa dan Bersastra Indonesia, terdapat soal Latihan di halaman 78.

Pada soal tersebut kita diminta menjawab beberapa pertanyaan yang berasal dari dua teks prosedur.

Teks pertama berjudul “Cara Membuat Ramuan Empon-Empon Anticorona” dan teks kedua berjudul “Resep Empon-Empon Penangkal Corona”.

Nah, agar bisa menjadi referensi Adjarian, maka dari itu kita akan membahas soal tersebut.

O iya, teks presedur adalah langkah-langkah dalam melakukan suatu kegiatan atau aktivitas untuk menyelesaikan pekerjaan.

Adanya teks prosedur bisa menjadi panduan bagi seseorang untuk menyusun atau membuat sesuatu.

Yuk, kita simak pembahasan soal tersebut berikut ini!

Latihan Teks Prosedur

1. Apa persamaan kedua teks prosedur tersebut? Diskusikan dengan kelompok kalian mengenai persamaan pada dua teks prosedur tersebut. Tuliskan jawaban pada tabel berikut.

Jawaban: Berikut persamaan pada dua teks prosedut tersebut:

Baca Juga: 12 Contoh Kalimat Inversi dalam Teks Prosedur dan Polanya

Teks 1: Menyajikan tentang cara untuk menghindari virus corona dengan cara meminum ramuan empon-empon.

Teks 2: Menyajikan cara untuk menghindari virus corona dengan cara meminum ramuan empon-empon.

2. Apa saja perbedaan kedua teks prosedur tersebut? Diskusikan perbedaan dua teks prosedur tersebut. Tulis jawabannya pada tabel berikut.

Jawaban: Perbedaan dari dua teks tersebut:

Teks 1: Teks disajikan dalam bentuk bahasa yang verbal sehingga sedikit membosankan untuk di baca.

Teks 2: Bentuk penyajian teks lebih menarik karena dibuat dalam bentuk infografis.

3. Apa simpulan teks berdasarkan urutan langkah kegiatannya? Tulis jawabannya pada tabel berikut.

Jawaban: Simpulan dari teks tersebut berdasarkan urutan kegiatannya:

Teks 1: Berjudul “Cara Membuat Ramuan Empon-Empon Anticorona”

Simpulan cara membuat ramuan empon-empon:

- bersihkan dan potong semua bahan.

Baca Juga: 11 Contoh Kalimat Menggunakan Kata Keterangan Cara, Keterangan Alat, dan Keterangan Tujuan

- Rebus semua bahan yang sudah disiapkan hingga mendidik kurang lebih 10 menit.

- Saring air rebusan bahan tersebut ke dalam gelas.

- Tunggu air rebusan sampai menjadi hangat.

- Ramuan sudah siap untuk diminum.

Teks 2: Berjudul “Resep Membuat Empon-Empon Penangkal Corona”

Simpulan cara membuat ramuan empon-empon:

- Bersihkan dan potong semua bahan.

- Rebus semua bahan sampai mendidih.

- Saring air rebusan bahan ke dalam gelas.

- Tunggu air rebusan tersebut hingga hangat.

- Ramuan empon-empon siap diminum.

Baca Juga: Jawab Soal Seputar Teks Prosedur 'Kultur Jaringan', Buku Bahasa Indonesia Kurikulum Merdeka Kelas VII

- Ramuan empon-empon diminum baiknya pada pagi dan sore.

4. Siapa yang membutuhkan panduan cara membuat ramuan empon-empon anticorona tersebut?

Jawaban: Setiap orang membutuhan teks proseduran cara membuat ramuan empon-empon anticorona.

5. Informasi apa saja yang terdapat pada Teks 1? Apa maksud penulis dengan mengemukakan informasi-informasi tersebut pada Teks 1?

Jawaban: Teks 1 berisikan tentang cara membuat ramuan empon-empon agar bisa terhindar dari virus corona.

Pada teks tersebut, penulis menerangkan informasi mengenai ramuan empon-empon agar orang-orang bisa mengetahui cara membuat ramuan tersebut.

6. Informasi apa saja yang terdapat pada Teks 2? Apa maksud penlis dengan mengemukakan informasi-informasi tersebut pada Teks 2?

Jawaban: Teks 2 berisikan tentang cara membuat ramuan empon-empon agar bisa menghindar dari virus corona dalam bentuk sajian teks yang menarik.

Penulis membuat teks tersebut dengan harapan agar semua orang bisa mengetahuo cara membuat ramuan empon-empon anticorona.

7. Gagasan apa yang membangun Teks 1?

Jawaban: Gagasan yang membangun teks 1 adalah tentang menghindari virus corona.

Baca Juga: 10 Contoh Teks Prosedur

8. Gagasan apa yang membangun Teks 2?

Jawaban: Gagasan yang memabngun teks 2 adalah tentang menghindari virus corna.

9. Apa pandangan pembicara dalam Teks 1?

Jawaban: Pembicara berpandangan bahwa mengonsumsi ramuan empon-empon dapat meningkatkan daya tahan tubuh atau imunitas.

10. Apa pandangan pembicara dalam Teks 2?

Jawaban: Pandangan pembicara bahwa ramuan empon-empon bisa menangkat virus corona.

Nah, itu tadi Adjarian, pembahasan soal Latihan teks prosedur di halaman 78 yang bisa menjadi referensi.