7 Fakta Menarik Kereta Api di Indonesia

By Nabil Adlani, Kamis, 22 September 2022 | 17:20 WIB
Fakta menarik kereta api di Indonesia sangatlah beragam, salah satunya memiliki rute perjalanan terjauh. (unsplash/Haidan)

adjar.id – Sudah tahu fakta menarik kereta api di Indonesia?

Kereta api merupakan salah satu alat transportasi yang banyak digemari oleh masyarakat, khususnya masyarakat Indonesia.

Adanya kereta api membuat perpindahan antardaerah atau antarkota bisa berlansung dengan cepat, Adjarian.

Selain itu, harganya yang ekonomis memberikan penawaran yang menarik bagi masyarakat yang ingin bepergian jauh.

Terlebih dalam perjalanan kereta api kita tidak akan menemukan gangguan kemacetan lalu lintas.

Efisiensi waktu dibandingkan transportasi darat lainnya, membuat kereta api menjadi pilihan bagi masyarakat yang ingin melakukan perjalanan jarak jauh.

Seiring perkembangan zaman, kereta api juga melakukan berbagai perubahan sistem yang membuat penumpangnya menjadi lebih nyaman.

Saat diperjalanan menggunakan kereta api, kita akan melihat pemandangan indah dari berbagai daerah yang dilewati sehingga menambah nyaman bagi penumpang.

O iya, ada banyak fakta menarik tentang kereta api di Indonesia yang belum banyak diketahui orang, lo.

Apa saja fakta menarik kereta api di Indonesia?

Yuk, kita cari tahu bersama-sama, Adjarian!

Baca Juga: Sejarah Perkeretaapian di Indonesia Sejak Zaman Belanda sampai Sekarang

Fakta Menarik Kereta Api di Indonesia

Berikut beberapa fakta menarik tentang kereta api yang ada di Indonesia, di antaranya:

1. Pembuatan Jalur Kereta Api

Tahu tidak, ternyata jalur kereta api di Indonesia pertama kali dibuat tahun 1864 oleh Ir. J.P de Bordes dari perusahaan kereta api Belanda.

Jalur kereta api pertama dibuat di Desa Kemijen, Semarang sampai ke Desa Tengalharjo yang dibuka untuk umum pada 10 Agustus 1867.

Jalur kereta api pertama ini pada perkembangannya menghubungkan Kota Semarang dengan Kota Surakarta di Jawa Tengah.

2. Terowongan Kereta Api Terpanjang

Indonesia memiliki terowongan kereta api terpanjang di Indonesia yang terletak di Desa Sumurbandung, Cipatat, Bandung Barat, Jawa Barat.

Panjang terowongan ini mencapai 949 meter yang dikenal dengan nama terowongan Sasaksaat.

Hingga saat ini, terowongan Sasaksaat ini masih digunakan sebagai jalur kereta api untuk perjalanan Jakarta-bandung melalui Purwakarta, Cikampek, dan Karawang.

3. Jembatan Kereta Api terpanjang

Baca Juga: Sejarah Kereta Api di Indonesia

Kawasan Padalarang memiliki jempatan kereta api terpanjang dengan panjang jalur mencapai 300 meter di atas ketinggi 80 meter.

Jembatan tersebut berdiri di atas Sungai Cikubang, Bandung Barat, Jawa Barat yang menghubungkan perjalanan Bandung-Jakarta.

Jembatan ini dibangun pada tahun 1906 dan masih aktif sampai saat ini.

4. Rute Perjalanan Terjauh

Kereta api di Indonesia memiliki rute perjalanan terjauh yang ditempuh oleh Kereta Api Krakatau atau KA Krakatau.

Jarak yang ditempuh KA Krakatau ini mencapai 945 kilometer untuk satu kali jalam dalam waktu 18 jam.

Nah, saat ini KA Krakatau telah berganti nama menjadi KA Singasari yang menjadi satu-satunya kereta api yang berjalan hampir di seluruh provinsi Pulau Jawa.

Bahkan pada tahun 2017, KA Singasari ini memanjangkan rutenya yang awalnya Merak-Kediri menjadi Merak-Blitar.

Secara total, ada 32 stasiun yang dilewati oleh kereta api ini.

5. Fungsi Palang Pintu Perlintasan

Menurut UU No.23 Tahun 2007 dan PP No.72/2009 Palang pintu perlintangan kereta api berfungsi untuk mengamankan perjalanan kereta api.

Baca Juga: Apa Nama Terowongan Kereta Api Aktif Terpanjang di Indonesia?

Selain itu, palang pintu perlintasan juga berfungsi untuk mencegah terjadinya kecelakaan kereta api dengan transportasi darat lain saat menyeberang rel kereta.

6. Papan Nama Statium

Papan nama sebuah stasiun biasanya berisikan informasi mengenai lokasi stasiun tersebut berada.

Biasanya terdapat juga angka di papan nama tersebut yang berfungsi memberikan informasi mengenai ketinggian lokasi stasiun dari permukaan air laut.

7. Batu pada Rel Kereta Api

Batu-batuan yang terdapat pada rel kereta api ternyata memiliki fungsi penting sebagai pemberat.

Sehingga, saat kereta api melintas rel bisa tetap stabil sekaligus meredam getaran yang terjadi akibat laju kereta api.

Nah, itu tadi Adjarian, beberapa fakta menarik kereta api di Indonesia yang jarang diketahui orang, salah satunya pembuatan jalur kereta api.

Coba Jawab!

Kapan jalur kereta api pertama dibuat di Indonesia?

Petunjuk: Cek halaman 2.

Tonton juga video ini, yuk!