Jawab Soal Replikasi Virus No. 3, Buku IPA Kelas XI Bab II Kurikulum Merdeka

By Aldita Prafitasari, Selasa, 16 Agustus 2022 | 19:00 WIB
Terdapat soal seputar replikasi virus pada buku Kurikulum Merdeka IPA Kelas XI Bab II. (Unsplash)

adjar.id - Ketika virus sudah berada pada sel inang atau menginfeksi seseorang, virus bisa mereplika diri, Adjarian.

Replikasi virus tersebut dilakukan sebagai proses virus berkembang biak.

Virus akan memperbanyak diri dengan hanya memerlukan asam nukleat.

Kali ini kita akan mempelajari mengenai materi ini dalam bentuk pemahaman soal.

Terdapat berita palsu atau hoax mengenai virus corona.

Kita diminta untuk menentukan pernyataan mana yang benar dan mana yang salah.

Soal pemahaman soal ada pada buku IPA kelas 10 SMA Kurikulum Merdeka. 

Kita dapat menemui soal seputar replikasi virus tersebut pada Bab II, materi "Virus dan Peranannya" halaman 39-40.

Nah, berikut pembahasan soal mengenai replikasi virus pada nomor tiga yang bisa kita pelajari.

3. Berikut adalah penggalan berita hoax atau bohong tentang bagaimana virus corona memperbanyak diri.

Virus corona yang tanpa sengaja menempel pada kulit tangan, akan menginfeksi sel-sel pada kulit tangan.

Baca Juga: Jawab Soal Replikasi Virus No. 1-2, Buku Kurikulum Merdeka IPA Kelas XI Bab II

Ketika virus corona menempel pada permukaan sel inang, virus menginjeksikan RNA ke dalam sel inang dan memerintahkan sel inang untuk memproduksi partikel virus.

Itulah mengapa kita harus mencuci tangan agar virus tidak menginfeksi sel kulit.

a. Berdasarkan paragraf tersebut, pernyataan mana sajakah yang benar?

Jawab:

Pernyataan yang benar: Ketika virus corona menempel pada permukaan sel inang, virus menginjeksikan RNA ke dalam sel inang dan memerintahkan sel inang untuk memproduksi partikel virus.

b. Menurut kalian, kegiatan laboratorium manakah yang dapat membuktikan bahwa mencuci tangan dapat mengurangi infeksi virus?

Jawab:

- Mengamati di bawah mikroskop elektron sel kulit tangan yang terpapar virus corona dan sel kulit tangan yang telah dicuci dengan sabun.

Jawaban: Salah

- Membandingkan jumlah yang tertular COVID-19 antara kelompok orang yang tidak mencuci tangan dan yang selalu mencuci tangan setelah kontak dengan penderita COVID-19.

Jawaban: Benar

Baca Juga: Jawab Soal Berdasarkan Video tentang Virus Corona, Buku Kurikulum Merdeka IPA Kelas XI Bab II

  

- Mencampur virus corona dengan air sabun kemudian mengecek strukturnya di bawah mikroskop elektron.

Jawaban: Benar

Alasan: Dapat dilakukan pengamatan dengan membandingkan jumlah yang terkena COVID-19 antara kelompok orang yang mencuci tangan dengan yang tidak.

Bisa juga melakukan pengamatan melihat struktur virus yang telah mengalami kontak dengan sabun untuk melihat apakah sabun efektif merusak struktur virus sehingga peluang untuk menginfeksinya kecil.

Pengamatan tersebut dilakukan untuk menguji adanya keberhasilan dalam penggunaan sabun dalam mengurangi infeksi virus corona.

Virus corona tidak menyerang sel kulit tangan sehingga kurang tepat untuk mengobervasinya dibawah mikroskop elektron.

Nah, demikianlah pembahasan soal pemahaman materi replikasi virus No. 3, buku IPA Kelas X SMA/MA, materi "Virus dan Peranannya", Adjarian.