4 Fungsi Manajemen, Materi Ekonomi Kelas 11 Kurikulum Merdeka

By Nabil Adlani, Senin, 15 Agustus 2022 | 10:20 WIB
Terdapat empat fungsi manajemen, salah satunya perencanaan. (unsplash/Jo Szczepanska)

adjar.id – Sudah tahu tentang fungsi manajemen?

Manajemen menurut G.R. Terry adalah proses khas yang terdiri dari tindakan perencanaan, penggerakan, pengawasan, dan pengorganisasian, Adjarian.

Hal ini dilakukan untuk menentukan dan mencapai sasaran-sasaran yang sudah ditetapkan melalui pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber lainnya.

Nah, kali ini kita akan membahas mengenai empat fungsi dari manajemen yang menjadi materi ekonomi kelas 11 SMA Kurikulum Merdeka.

O iya, manajemen adalah sebuah wadah di dalam ilmu pengetahuan, sehingga menajemen bisa dibuktikan secara umum kebenarannya.

Menurut Marry Parker Follet, manajemen adalah sebuah kemampuan seseorang atau kelompok dalam mengelola, menyelesaikan, dan mengatur pekerjaan.

Bentuk ini dilakukan melalui orang lain atau pendelagasian tugas untuk mencapai tujuan bersama dalam organisasi.

Yuk, kita cari tahu empat fungsi manajemen berikut ini, Adjarian!

“Adanya manajemen membuat suatu perusahaan atau organisasi bisa mencapai tujuannya.”

Fungsi Manajemen

Manajemen secara umum adalah sebuah ilmu yang mengatur sumber daya manusia atau mengelola segala sesuatu agar bisa berjalan secara efektif dan efisien.

Baca Juga: 6 Unsur Manajemen dan Penjelasannya

Individu atau pelaku dalam manajemen ini disebut dengan manajer.

O iya, secara umum, terdapat empat fungsi manajemen, yaitu:

1. Perencanaan

Perencanaan atau planning merupakan fungsi pertama dari manajemen suatu organisasi.

Fungsi ini akan dibuat atau dilakukan di awal kegiatan untuk menentukan tujuan yang ingin dicapai.

Selain itu, fungsi ini juga meliputi perumusan dan penyusunan apa saja yang akan dilakukan untuk mencapai tujuan, menentukan strategi, dan program kerja.

Sehingga, kebijakan dan apa yang akan dilakukan bisa diterapkan dengan baik.

Pada tahap perencanaan juga harus ditentukan sumber daya yang digunakan untuk mencapai tujuan tersebut.

“Pada tahan perencanaan, bisa juga menerapkan konsep 5W + 1H untuk mencapai tujuan organisasi atau perusahaan.”

2. Pengorganisasian

Pengorganisasian adalah sebuah proses atau kegiatan yang mengalokasikan perkerjaan yang harus dilakukan oleh masing-masing individu.

Baca Juga: Bidang-Bidang Manajemen dalam Suatu Perusahaan

Pengorganisasian ini melibatkan pemberian wewenang ataupun tanggung jawab untuk mengalokasikan sumber daya di organisasi atau perusahaan.

Selain itu pengorganisasian juga menentukan bagaimana individu atau kelompok akan dikoordinasikan, Adjarian.

Fungsi pengorganisasian ini adalah suatu kegiatan yang berhubungan dengan pembagian pekerjaan agar tujuan dapat tercapai.

Adanya pengorganisasian ini sangat penting bagi organisasi atau perusahaan agar bisa menempatkan setiap orangnya sesuai tugas dan kemampuan.

3. Pelaksanaan

Pelaksanaan atau actuating berfungsi untuk menggerakkan semua anggota kelompok agar bekerja secara efektif dan efisien.

Hal ini dilakukan sesuai dengan tugasnya masing-masing agar tujuan organisasi bisa tercapai.

Fungsi ini juga memiliki arti melakukan tindakan untuk memberikan pengaruh dan menggerakkan orang untuk bekerja dengan sendiri dan penuh kesadaran.

Dalam penerapan fungsi pelaksanaan, pimpinan perusahaan tidak hanya menggerakan, tetapi memberikan arahan, motivasi, dan semangat.

Fungsi ini identik dengan kepemimpinan atau leadership dan ini menjadi bagian yang sangat penting dalam proses manajemen.

“Fungsi pelaksanaan menjadi sangat satu fungsi yang sangat penting dalam manajemen karena berkaitan dengan kepemimpinan.”

Baca Juga: Tingkatan Manajeman dan Keterampilan Manajerial dalam Perekonomian

4. Pengawasan

Pengawasan atau controlling adalah salah satu fungsi yang penting karena akan menilai apakah yang sudah direncanakan bisa berjalan dengan baik atau tidak.

Selain itu, fungsi pengawasan ini juga bisa menilai apakah harus ada perbaikan untuk evaluasi dan perbaikin kedepannya, Adjarian.

Jadi, pengawasan adalah kegiatan yang berhubungan dengan mengawasi atau mengendalikan setiap pekerjaan dan melakukan tindakan perbaikan.

Nah, itu tadi Adjarian, empat fungsi manajemen, yaitu fungsi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan.

Coba Jawab!

Apa saja yang dimaksud dengan manajemen secara umum?

Petunjuk: Cek halaman 1.