Apa Saja Unsur-Unsur Pembentuk Iklan?

By Rahwiku Mahanani, Jumat, 5 Agustus 2022 | 20:00 WIB
Ada beberapa unsur pembentuk iklan. (pxhere)

adjar.id - Di sekitar kita, ada banyak iklan.

Iklan-iklan tersebut ada di berbagai platform, seperti media cetak, elektronik, dan online.

Tahukah Adjarian apa saja unsur-unsur pembentuk iklan?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), iklan adalah berita pesanan untuk mendorong, membujuk khalayak ramai agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan.

Iklan juga diartikan sebagai pemberitahuan kepada khalayak mengenai barang atau jasa yang dijual, dipasang di dalam media massa (seperti surat kabar dan majalah) atau di tempat umum.

Pada intinya, iklan dibuat untuk mengomunikasikan pesan. Pesan tersebut bisa bersifat komersial, sosial, ataupun pribadi, Adjarian.

Nah, iklan dibentuk oleh beberapa unsur.

Berikut unsur-unsur pembentuk iklan.

"Iklan adalah media untuk mengomunikasikan pesan yang tersusun atas beberapa unsur."

Baca Juga: Unsur-Unsur Iklan Media Elektronik Televisi, Radio, dan Internet, Kelas 5 Tema 9

Unsur Pembentuk Iklan

Unsur-unsur pembentuk iklan dilansir dari buku Bahasa Indonesia kelas VIII SMP Kurikulum 2013 meliputi:

1. Sumber

Sumber adalah pihak yang memasang iklan.

Sumber adalah pihak yang mempunyai inisiatif dan menanggung biaya dari pemasangan suatu iklan.

2. Pesan

Pesan berarti informasi yang disampaikan.

Wujud pesan ini bisa berupa verbal dan nonverbal, Adjarian.

"Unsur pembentuk iklan di antaranya adalah sumber dan pesan."

Baca Juga: Unsur-Unsur Iklan Media Cetak dan Ciri-Ciri Bahasa Iklan

3. Media

Media merupakan sarana yang digunakan.

Contohnya media cetak, media elektronik, dan media online.

4. Penerima

Penerima adalah individu atau kelompok masyarakat yang menjadi target, sasaran, atau objek suatu iklan.

5. Efek

Efek adalah perubahan pada diri penerima.

Perubahan yang terjadi bisa dalam bentuk sikap atau perilaku, pola pikir, pola hidup, dan sebagainya.

"Selain sumber dan pesan, unsur pembentuk iklan lainnya adalah media, penerima, efek, dan umpan balik."

Baca Juga: Perbedaan Iklan Visual, Audio, dan Audio Visual

6. Umpan Balik

Umpan balik adalah tanggapan, reaksi, atau respons dari penerima pesan.

Nah, itulah macam-macam unsur pembentuk iklan, Adjarian.

Coba Jawab!
Apa yang dimaksud dengan pesan sebagai salah satu unsur pembentuk iklan?
Petunjuk: Cek halaman 2.