adjar.id - Di dalam buku Bahasa Indonesia SMP kelas VIII edisi revisi 2017 Kurikulum 2013 halaman 30, ada beberapa soal mengenai iklan.
O iya, soal tersebut ada pada kolom kegiatan 2.1, Adjarian.
Setelah menyimak materi tentang iklan pada bab tersebut, yakni bab 2, saatnya kita mengasah pemahaman dengan menjawab beberapa soal.
Nah, di bawah ini merupakan pembahasan soal yang bisa Adjarian jadikan sebagai referensi.
Simak, yuk!
Pembahasan Soal Kegiatan 2.1
1. Apa yang dimaksud dengan iklan?
Iklan adalah teks yang mendorong dan membujuk orang agar tertarik dengan barang atau jasa yang ditawarkan.
Iklan juga bisa berarti pemberitahuan kepada khalayak tentang suatu barang atau jasa.
Baca Juga: Unsur-Unsur Iklan Media Elektronik Televisi, Radio, dan Internet, Kelas 5 Tema 9
2. Apa fungsi iklan?
Secara umum, fungsi iklan adalah untuk mengomunikasikan pesan, baik pesan komersial, sosial, maupun pribadi.
3. Di mana saja iklan itu bisa kamu temukan?
Iklan dapat ditemukan di media massa seperti surat kabar, majalah, televisi, radio, dan media online dengan internet.
4. Bagaimana fungsi iklan bagi pemerintah dan perusahaan?
Fungsi iklan bagi pemerintah adalah untuk menyebarkan informasi dan memberikan layanan kepada masyarakat.
Sedangkan fungsi iklan bagi perusahaan adalah untuk keperluan bisnis komersial atau untuk menjual barang ataupun jasa.
5. Apa persamaan iklan, slogan, dengan poster?
Persamaan iklan, slogan, dan poster adalah dalam hal isi yang mengandung pesan untuk khalayak.
Baca Juga: Unsur-Unsur Iklan Media Cetak dan Ciri-Ciri Bahasa Iklan
Itulah pembahasan soal dalam kolom Kegiatan 2.1 materi iklan pelajaran Bahasa Indonesia kelas VIII SMP, Adjarian.